Anies – Ridwan Kamil Masuk Konvensi Capres 2024 Partai Nasdem

  • Whatsapp
Anies - Ridwan Kamil Masuk Konvensi Capres 2024 Partai Nasdem
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan [Foto-Ist]

Jakarta, Monitorindonesia.com – Partai Nasdem berencana akan mengusungkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil masuk kedalam konvensi Calon Presiden (Capres) di tahun 2024.

“Artinya begini, kalau kemudian orang melihat kebersamaan Pak Anies dan Pak RK dalam satu tempat, terus kemudian diasosiasikan ini pasangan calon, ya sah-sah saja,” kata Wakil Ketum NasDem Ali saat dikonfirmasi oleh wartawan, di Jakarta, Jumat (11/6/2021).

Ketua Fraksi NasDem DPR RI tersebut menyebut terdapat satu sosok lagi, yakni Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

“Sama ketika Anies dengan Khofifah, dua-duanya dipersonifikasikan deklarator NasDem, itu tak terbantahkan, bahwa mereka pernah interaksi dekat dengan ketum NasDem,” ujarnya.

Ali menilai kedekatan antara Anies, Ridwan Kamil dan Khofifah dengan NasDem tidak semata-mata menjadi pertimbangan utama dalam penentuan capres. Selain itu, NasDem akan mengajak Anies, RK dan Khofifah ikut terlibat konvensi capres tersebut.

“Sehingga kemudian personifikasi ketiga figur tadi memiliki kedekatan dengan NasDem itu iya. Tetapi kemudian itu tidak menjadi alasan kita, dan NasDem tidak akan pernah menunjuk orang sesuai selera ketum. Bahwa figur-figur tersebut menjadi harapan NasDem atau mengajak mereka untuk ikut dalam konvensi nanti, itu iya,” tuturnya.

Kendati demikian, Ketua Fraksi NasDem tersebut menghimbau kepada NasDem agar tetap dengan rencana awal. Lebih lanjut, NasDem akan menggelar konvensi untuk pertama kalinya dalam menentukan siapa calon presiden (capres) yang diusung mereka.

“Kontestasi politik ini adalah untuk semua anak bangsa, tidak terbatas oleh ruang partai politik. Ada akademisi, ada pengusaha, ada teknokrat, ada aktivis yang punya gagasan. Nah kontestasi itu kita buka melalui konvensi, itu ruang partisipasi,” tutupnya. (AAS)

#Anies – Ridwan Kamil

Pos terkait