Rizieq Syihab Divonis Hari Ini

  • Whatsapp
Divonis 8 Bulan, Rizieq Shihab Ajukan Banding
Habib Rizieq Shihab.[ist]

Monitoridonesia.com – Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur menjadwalkan menggelar sidang vonis Rizieq Syihab pada Kamis (27/5/2021). Kasus Rizieq akan divonis atas kasus pelanggaran protokol kesehatan kerumunan di Petamburan dan Megamendung, Bogor.

“Kamis (27/5/2021) dengan agenda putusan dari Majelis Hakim (perkara kerumunan),” kata Ketua Humas PN Jakarta Timur Alex Adam Faisal dalam keterangan tertulisnya.

Namun menurut Alex, jadwal sidang putusan hari ini masih tentatif, mengingat ada persidangan perkara lain yang akan dijalankan terdakwa. Sidang tersebut terkait perkara hasil tes swab palsu di Rumah Sakit UMMI Bogor dengan agenda pemeriksaan saksi terdakwa.

“Waktu persidangan pukul 09.00 WIB atau ditentukan kemudian, karena bersamaan dengan sidang perkara nomor 223, 224 dan 225 (hasil tes swab RS UMMI),” kata Alex.

Anggota kuasa hukum Rizieq Shihab, Aziz Yanuar mengaku belum mendapatkan informasi terkait perubahan jadwal sidang hari ini. Karena berdasarkan pada kesepakatan sidang vonis kasus kerumunan akan digelar hari ini.

“Insyaallah, sidang pekan lalu infonya vonis kamis ini, dalam sidang itu normatif, tidak ada istilah konfirmasi, ketok (palu) majelis yang didengar,” kata Aziz.

Sesuai dakwaan Jaksa, Rizieq dianggap telah melanggar Pasal 160 KUHP juncto Pasal 93 Undang-Undang Republik Indonesia (UU RI) Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Termasuk, replik atas nota pembelaan terhadap tuntutan kerumunan di Megamendung perkara 226 yang dimana hukuman 10 bulan penjara dengan denda Rp50 juta subsider 3 bulan penjara dianggap telah sesuai.

Namun, dalam dupliknya kubu Rizieq membantah seluruh pernyataan jaksa. Karena apa apa yang tertuang dalam replik belum menjawab seluruh pertanyaan dan argumen pada pleidoi baik terdakwa maupun kuasa hukum.[Lin]

 

Pos terkait