Sampaikan Duka Mendalam, Kapolri Sebut ada Dua Keluarga Polri di KRI Nanggala 402

  • Whatsapp
Sampaikan Duka Mendalam, Kapolri Sebut ada Dua Keluarga Polri di KRI Nanggala 402
Kapolri Jenderal Pol.Listyo Sigit Prabowo.

Monitorindonesia.com – Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menyampaikan rasa duka yang mendalam terkait ditemukan KRI Nanggala-402 di kedalaman laut 838 meter di perairan Utara Bali, dan 53 awak dinyatakan gugur oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Minggu (25/4/2021). Bahkan dia mengatakan, ada awak KRI Nanggala-402 merupakan keluarga besar Polri.

“Kami keluarga besar Polri, saya selaku pimpinan Polri menyampaikan keprihatinan dan duka cita yang mendalam atas gugurnya saudara saudara kita, prajurit terbaik KRI Nanggala-402,” kata Listyo Sigit saat hadir dalam konferensi pers bersama TNI di Badung, Bali, Minggu (25/5/2021).

Bacaan Lainnya

Soal dua awak KRI Nanggala yang menjadi keluarga besar Polri, Kapolri Listyo Sigit menyebut Letkol laut Heri Oktavian yang kebetulan adalah masih keluarga besar Polri.

“Di mana beliau adalah putra dari Kompol Purnawirawan Imron Haki. Ada juga Letda Rhesa Tri Utomo kebetulan adalah adik sepupu dari AKP Maria SN Manafe,” lanjut dia.

Kesempatan sama, KSAL Laksamana TNI Yudo Margono meyatakan, TNI AL bakal mengangkat bagian Kapal Selam KRI Nanggala-402 dari dasar laut dengan melakukan investigasi secara menyeluruh.

“Diangkatnya enggak sekadar diangkat. Tapi, untuk lakukan investigasi menyeluruh, karena kita punya kapal selam sejenis, yakni KRI cakra,” kata Yudo di tempat sama.

Yudo menjelaskan, investigasi menyeluruh bertujuan untuk mencari penyebab tenggelamnya KRI Nanggala-402.

“Dengan investigasi kita tak akan ulangi kejadian di masa akan datang,” kata Yudo.

TNI AL, kata dia, akan berkoordinasi dengan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan organisasi International Submarine Escape and Rescue Liaison Office (ISMERLO.

“(Itu, red) terkait keputusan mengangkat KRI Nanggala,” kata Yudo. (Ery)

Pos terkait