Sandiaga Primadona Bursa Cawapres 2024

  • Whatsapp
Sandiaga Primadona Bursa Cawapres 2024
Direktur Indonesian Presidensial Studies Arman Salam [Foto-MI/doc]

Oleh :  Arman Salam, Direktur Riset Indonesian Presidential Studies (IPS).

Ada empat hal yang biasanya menjadi pertimbangan calon presiden maupun kepala daerah dalam memilih pasangannya pada perhelatan kontestasi.

Pertama adalah sebagai perimbangan primordial yang didalamnya unsur demografi misalnya teritorial pulau Jawa dan non Jawa, daratan dan kepulauan, pesisir dan pegunungan, laki laki dan perempuan, perimbangan agama muslim dan non muslim pada wilayah yang komposisi demografinya relatif berimbang.

Kedua erat kaitannya terhadap ketersediannya perahu atau partai pengusung misalnya wakil menjamin ketersedian atau melengkapi dukungan perahu yang kurang dari sang calon, biasanya para ketua umum partai memiliki potensi untuk hal ini.

Ketiga, dukungan finansial yang kuat atau memadai, jika seorang calon tidak banyak memiliki dukungan finansial maka sang calon akan menggandeng wakil yang memiliki banyak sumber finansial sebagai salah satu instrumen yang cukup penting dalam memenangkan pertarungan.

Keempat, biasanya sang calon memilih wakil sebagai pendamping berdasarkan pertimbangan basis pemilih atau magnet dukungan pasangan.

Calon wakil seperti itu biasanya berlatar belakang tokoh atau figur yang kuat yang diharapkan mampu memberikan tambahan dulangan suara dukungan atau sebagai tambahan magnet pemilih bagi pasangan yang berkontestasi.

Idealnya ke empat kriteria diatas dimiliki oleh semua calon wakil untuk memperkuat pasangan, namun biasanya jarang seorang figur calon wakil memiliki semua kriteria tersebut, sehingga dituntut kejelian calon maupun partai pengusung melihat celah kosong yang paling penting yang harus segera di isi oleh calon wakil sebagai pelengkap, sehingga pasangan terlihat sempurna.

Halaman selanjutnya→

Pos terkait