Selamatkan 500 Anak dari Berbagai Kasus,  Subdit V Renakta Polda Metro Banjir Penghargaan 

  • Whatsapp
Selamatkan 500 Anak dari Berbagai Kasus,  Subdit V Renakta Polda Metro Banjir Penghargaan 

Monitorindonesia.com – Subdit V Renakta Direktorat Reserse  Kriminal Umum (Dit Reskrimum) Polda Metro Jaya mendapat apresiasi dan penghargaan dari berbagai kalangan baru-baru ini.

Penghargaan tersebut atas keberhasilan tim Subdit V Renakta (Remaja Anak dan Wanita) menyelamatkan sekitar 500 anak di bawah umur dari berbagai kasus kejahatan.

Apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya datang dari berbagai pihak mulai Kementerian hingga lembaga pemerintah dan swasta. Kasus kejahatan anak tersebut terungkap mulai dari eksploitasi seks hingga human trafficking (perdagangan manusia) dalam maupun Luar Negeri.

Atas konsistensi dan keberhasilan mengungkap dan memproses kasus ratusan anak, Subdit V Renakta Ditreskrimum Polda Metro Jaya pimpinan AKBP Dr. Pujiyarto tersebut mendapat banjir penghargaan.

Apresiasi diberikan lewat piagam penghargaan mulia dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak (PPA), Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI).

Kemudian Komisi Nasional (Komnas) Anak, Museum Rekor Indonesia (MURI), Polisi Selebriti, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) hingga Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi).

“Kami melihat, dedikasi dan loyalitas Subdit 5 Renakta Polda Metro Jaya telah menyelamatkan ratusan anak-anak di bawah umur dari kejahatan berupa ekploitasi ekonomi seksual dan kejahatan TPPO,” kata Direktur Eksekutif Lemkapi Dr Edi Hasibuan, Selasa (25/5/2021).

Penghargaan Presisi Award dari Lemkapi tersebut diterima langsung Kasubdit Renakta Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Dr. Pujiyarto, SH.MH bersama Kanit 4 Renakta Kompol Dedi S.Sos S.ik.

Menurut anggota Kompolnas priode 2012-2016 ini, kehadiran polisi sangat dibutuhkan dalam melindingi masyarakat, khususnya anak di bawah umur dari perdagangan orang dan eksploitasi seks. “Kami melihat kehadiran polri sangat dirasakan masyarakat saat anak menjadi incaran pelaku kejahatan,” ungkap pakar hukum kepolisian dari Universitas Bhayangkara Jakarta ini.

Sejauh ini, dari catatan Lemkapi, kinerja anggota Subdit V Renakta dalam melindungi masyarakat patut dijadikan contoh terutama dalam melindungi anak-anak dan memproses pelaku kejahatan.

Disebutkan, penghargaan yang diberikan Kementerian PPA atas pengungkapan 191 tersangka dengan jumlah korban anak 131 orang. Kemudian KPAI atas pengungkapan Human Trafficking. Selanjutnya, MURI atas pengungkapan perbudakan seks anak oleh pelaku terbanyak dengan jumlah korban anak sebanyak 210 orang.

“Kami menyampaikan apresiasi kepada Kapolri, Kapolda Metro Jaya dan seluruh jajarannya sekaligus mendorong pimpinan polri mulai dari Kapolda hingga Kapolri untuk dapat memberikan penghargaan kepada anggota atas kinerja yang luar biasa tersebut sehingga dapat meningkatkan motivasi anggota khususnya Renakta Ditreskrimum PMJ,” pungkasnya.

“Kami juga mengharapkan kinerja Polisi Presisi ini bisa menjadi motivasi kepada polda lainnnya dalam melindungi masyarakat,” tambah Dosen Tindak Pidana Anak ini. (tak)

Pos terkait