Sepeda Biasa Dilarang Masuk Lintasan Roadbike

  • Whatsapp
Pemprov DKI Sediakan TransJakarta Gratis
Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo.[Drajat/MI]

Monitorindonesia.com – Pemprov DKI Jakarta memastikan hanya pesepeda roadbike yang diperbolehkan melintasi jalan raya Sudirman – Thamrin. Sementara non roadbike dilarang masuk ke dalam jalur itu.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo, untuk pesepeda non roadbike agar menggunakan jalur sepeda yang sudah disediakan di jalur kiri

Bacaan Lainnya

“Non roadbike kan mengikuti jalur sepeda permanen sudah ada,” ujar Syafrin di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Kamis (3/6/2021).

Kemudian untuk sepeda jenis roadbike atau sepeda balap rencananya akan di uji coba dengan memakai jalan protokol Sudirman-Thamrin pada hari Senin hingga Jumat jam 05.00 – 06.30 WIB.

“Kalau kita mengacu pada UU 22 tahun 2009 maka untuk lajur paling kanan diperuntukan bagi kendaraan dengan kecepatan tinggi. Jadi kemungkinan untuk jalurnya disediakan di sebelah kiri,” beber dia.

Namun Syafrin belum bisa memastikan apakah lintasan road bike itu akan diberi pembatas atau tidak.

“Itu sedang dilakukan rapat intensif terkait ini. Setelah semuanya siap, regulasinya siap baru akan kami sampaikan,” tukasnya.

Adapun untuk lintasan road bike, Syafrin menyebutkan, ada dua lintasan yakni di Jalan Layang Non Tol (JLNT) Kota Kasablanka sampai ke Karet dan Sudirman-Thamrin.

“Belum (dipermanenkan). Jadi lintasan JLNT hari minggu besok masih uji coba lagi. Kemudian yang Sudirman-Thamrin saat ini sedang disiapkan regulasinya sekaligus hal-hal teknis operasional pelaksanaan,” pungkasnya. (Zat)

Pos terkait