Sepenting Apa Pemuda Harus Melek Politik?

  • Whatsapp
Sepenting Apa Pemuda Harus Melek Politik?
Chyntia.[Foto/Istimewa]

Monitorindonesia.com – Di zaman yang biasa disebut “kids zaman now” ini banyak anak muda tidak sadar akan pentingnya peran mereka sebagai penerus bangsa yang akan membawa tongkat estafet nasib bangsa kedepan. Celakanya, kids zaman now dan generasi millenial pasrah saja diasingkan lewat gaya hidup komsumtif atau kebanggaan atas “ketidaktahuan” mereka akan politik.

Sadar tidak sadar, kebijakan politis para elite politik sangat mempengaruhi kehidupan masyarakat, termasuk anak muda. Anak muda zaman sekarang cenderung mengabaikan dunia perpolitikan yg masih dianggap “tabu”.

Sejatinya Politik itu adalah upaya untuk mewujudkan kebaikan bersama. Hanya saja sekarang ini dalam berbagai televisi dan media massa kita disuguhkan tontonan bagaimana menjenuhkan dan tidak tahu malunya jagat perpolitikan.

Kesadaran politik yg dimaksud disini adalah penguasaan wawasan, ketajaman analitis, dan pengendalian emosi. Tujuannya untuk menuntun kita secara ‘rasional’ menentukan keberpihakan dalam konflik kekuasaan dan cara bijak menghadapinya. Contoh sederhana, kita semua punya suara dalam pemilu. Golput bukan berarti netral, mau tidak mau kita sudah terikat dalam pemetaan perebutan kekuasaan.

Hal ini yang mendasari keterlibatan kita terkait sikap pilihan politik di Pemilu. Apakah gelaran pemilu benar-benar mewakiki cita-cita demokrasi? Justru keraguan ini adalah contoh dari kesadaran politik.

Inilah hal utamanya. Tidak harus hafal nama-nama menteri atau anggota DPR yang korupsi (terlalu banyak juga). Yang utama adalah kita mampu membaca situasi rasis, fasis, dan siapa yang diuntungkan-dirugikan dari setiap kebijakan.

Tidak mentah-mentah menerima informasi ataupun propaganda masalah agama-etnis tertentu lalu gercep membagikannya dan akhirnya menyulut api kebencian.  Bijaklah bermedia sosial!

Saatnya kita berhenti menjadi objek yang dipolitisir. Saatnya kita menjadi subjek.

Salam Millenial.

Penulis : Chyntia T Hutabalian, S.H, seorang advokat muda tinggal di Jakarta.

Pos terkait