September 2021, Semua Pegawai KPK Berstatus ASN

  • Whatsapp
dewas-kpk-penyerahan-tugas-75-penyidik
Gedung KPK Jakarta.[dok]

Jakarta, Monitorindonesia.com – Proses peralihan pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadi aparatur sipil negara (ASN) saat ini sedang berjalan. Masa transisi peralihan status para pegawai berakhir hingga 17 September 2021.

“KPK harus melakukan perubahan bedol desa dari pegawai KPK ke ASN dari tanggal 17 September dan berakhir tanggal 17 September 2021. Sehingga kita mulai persiapan,” kata Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron dalam keterangannya, Selasa (20/4/2021).

Bacaan Lainnya

Peralihan status pegawai KPK menjadi ASN merupakan amanat Pasal 1 angka 6 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK. Menurut Ghufron KPK harus mematuhi aturan perundang-undangan, termasuk terkait peralihan status pegawai dari pegawai independen yang diatur oleh KPK menjadi ASN.

“Kenapa harus berganti? Karena kita penegak hukum harus taat hukum. Hukum menggariskan bahwa kita harus jadi ASN,” kata Ghufron.

Peraturan Pemerintah (PP) 41/2020 tentang Pengalihan Pegawai KPK Menjadi ASN, mengatur langkah-langkah teknis proses peralihan pegawai untuk menjadi ASN. Dalam proses peralihan, pegawai KPK harus mengikuti dua syarat yakni dari internal KPK serta berikrar setia kepada Pancasila dan NKRI.

:Tes kompetensi tidak perlu lagi, karena sudah tersimpan. Jadi syarat pertama sudah selesai, tinggal menguji kesetiaan terhadap jdeologi Pancasila dan NKRI. Itu sudah kami identifikasi dilakukan oleh BKN,” katanya.[man]

 

Pos terkait