Erick Thohir Mantap, Satu Direksi BUMN Bisa Rangkap Jabatan di 22 Perusahaan

  • Whatsapp
Erick Thohir Mantap, Satu Direksi BUMN Bisa Rangkap Jabatan di 22 Perusahaan
Logo KPPU

Monitorindonesia.com – Komisioner Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Ukay Karyadi mengungkap temuan berbagai rangkap jabatan direksi/komisaris antar BUMN dengan perusahaan non BUMN. Bahkan, satu orang direksi memiliki rangkap jabatan hingga 22 perusahaan.

“Bahkan jabatan rangkap untuk satu personil di sektor tertentu (yakni pertambangan) dapat mencapai 22 perusahaan,” ujar Ukay dalam keterangan tertulis, Selasa (23/3/2021).

Ukay menyebut, rangkap jabatan itu pada beberapa sektor yakni keuangan, asuransi, investasi 31 direksi/komisaris, pertambangan 12 direksi/komisaris, dan konstruksi 19 direksi/komisaris.

Jika ditemukan adanya indikasi persaingan usaha tidak sehat sebagai akibat jabatan rangkap tersebut, kata Ukay, tidak tertutup kemungkinan akan diperdalam KPPU ke proses penegakan hukum.

KPPU tengah mencermati aturan Kementerian BUMN yang memperkenankan adanya jabatan rangkap antar dewan komisaris atau dewan pengawas BUMN dengan dewan komisaris perusahaan selain BUMN. Hal tersebut diatur dalam Peraturan Menteri BUMN Nomor PER-10/MBU/10/2020 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri BUMN Nomor PER-02/MBU/02/2015 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pengangkatan dan Pemberhentian Anggota Dewan Komisaris dan Dewan Pengawas BUMN (PermenBUMN).

Rangkap jabatan antara direksi/komisaris diatur dalam pasal 26 Undang-undang No 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat (UU 5/1999). Undang-undang tersebut melarang seseorang untuk menduduki jabatan direksi atau komisaris suatu perusahaan yang pada waktu bersamaan merangkap sebagai direksi atau komisaris perusahaan lain apabila perusahaan-perusahaan tersebut di pasar bersangkutan yang sama, atau memiliki keterkaitan erat di bidang atau jenis usaha.[man]

 

Pos terkait