Setahun Virus Korona Melanda Indonesia, 1,3 juta Positif, 36.325 Meninggal Dunia

  • Whatsapp
Setahun Virus Korona Melanda Indonesia, 1,3 juta Positif, 36.325 Meninggal Dunia
Virus korona. [ Foto; Yahoo]

Monitorindonesia.com – Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengatakan, menyebut, jumlah kasus di Indonesia pada satu tahun peringatan Covid-19 sudah mencapai 1,3 juta orang dan 36.325 orang meninggal dunia.

Menurutnya, situasi pandemi seperti peristiwa Perang Dunia III di mana seluruh dunia berhadapan dengan musuh tak kasat mata yaitu Covid-19.

“Perang Dunia I terjadi kontak fisik, Perang Dunia II kontak fisik, sedangkan Perang Dunia III yang kita hadapi sekarang di seluruh belahan dunia adalah kontak dengan musuh tak kasat mata,” kata Dante dalam acara refleksi satu tahun pandemi Covid-19 di Indonesia, Selasa (2/3/2021).

Dante mengatakan, pandemi telah berdampak kepada semua lini kehidupan, baik skala makro maupun mikro. Pada skala makro, pandemi memukul kesehatan dan perekonomian masyarakat, sedangkan pada skala mikro, pandemi juga mempengaruhi proses pendidikan anak-anak.

Diakuinya, masyarakat kini sudah mulai lelah dan frustasi karena harus menjalani isolasi selama satu tahun terakhir. Tapi rasa jenuh, berduka cita, dan kesadaran harus terus dipertahankan dengan kebersamaan.

“Karena kebersamaan yang menentukan agar bisa keluar dari pandemi ini,’ katanya.[hts]

Pos terkait