Setijowarno : LRT Jabodebek Jangan Ulangi Kesalahan di Palembang

  • Whatsapp
Setijowarno : LRT Jabodebek Jangan Ulangi Kesalahan di Palembang

Jakarta, Monitorindonesia.com – Pengamat Transportasi Publik Djoko Setijowarno menghimbau kepada pemerintah agar segera membangun akses jalan menuju setiap stasiun yang berada di luar kota Jakarta khususnya jalur Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek).

“LRT Jabodebek jangan mengulangi kesalahan di Palembang, yang minim masa uji cobanya. Jangan diabaikan akses ke setiap stasiun yang belum selesai dibangun. Harus segera membangun akses jaringan jalan menuju ke setiap stasiun yang berada di luar Kota Jakarta,” kata Setijowarno dalam keterangan tertulis, Rabu (9/6/2021).

Setijowarno potensi alih moda kendaraan pribadi dan moda kendaraan umum ke LRT Jabodebek begitu besar.Alasannya, karena waktu tempuh semakin singkat, biaya perjalanan yang relatif murah dan kegiatan mereka yang dekat dengan stasiun LRT.

“Potensi alih moda kendaraan pribadi ke LRT Jabodebek adalah sebanyak 81% pengguna kendaraan pribadi ingin mencoba beralih menggunakan LRT. Alasannya waktu tempuh yang lebih singkat dan biaya perjalanan yang jauh lebih murah dibandingkan tol.” ujarnya.

“Sedangkan alih moda kendaraan umum ke LRT Jabodebek sebanyak 74% pengguna angkutan umum ingin mencoba beralih menggunakan LRT. Alasannya waktu tempuh yang lebih singkat dan tempat kegiatan mereka dekat dengan stasiun LRT.” sambungnya.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo mengungkapkan, hingga saat ini pembangunan LRT Jabodebek (Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi) telah mencapai hampir 85 persen. Dia menargetkan LRT tersebut dapat beroperasi pada pertengahan 2022. (AAS)

Pos terkait