Soal Jam Malam Di RT Zona Merah, Begini Tanggapan Kasatpol DKI

  • Whatsapp
Kasatpol PP DKI Minta Anak Buahnya Tak Lembek Atasi Kerumunan
Kasatpol PP DKI Jakarta, Arifin. [dok]

Jakarta, Monitorindonesia.com – Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin memaparkan pihaknya hanya sebatas melakukan pemantauan lewat Satpol PP Kelurahan terkait penerapan aturan jam malam di lingkungan RT zona merah. Namun soal pengaturan pengendalian dan pengawasan dilakukan oleh Satgas Penanganan Covid-19 di tingkat RT/RW.

“Terkait RT-RT yang masuk zona merah memang ada ketentuannya, aktivitas kegiatannya hanya dibatasi jam 20.00 WIB. Untuk pengawasan dan pengaturan pengendaliannya itu ditangani oleh satgas yang berada di tingkat RT maupun RW,” terang Arifin, di Jakarta, Sabtu (24/4/2021).

Bacaan Lainnya

Menurut Arifin bahwa untuk pengendalian terhadap masyarakat, Satgas Covid-19 di tingkat mikro bisa memberikan edukasi bahwa ada pembatasan-pembatasan aktifitas di lingkungan setempat yang termasuk kategori zona merah. “Satgas tingkat mikro bisa menjelaskan di wilayah tersebut masuk kategori yang perlu adanya pembatasan-pembatasan lebih ketat dibandingkan wilayah atau lokasi lain karena lokasi itu dinyatakan masuk lokasi merah. Perlakuan terhadap lingkungan yang kategori merah, maka ada beberapa pembatasan-pembatasan,” ujar Arifin.

Pembatasan-pembatasan, Arifin melanjutkan, termasuk semua aktivitas masyarakat di saat berlakunya jam malam yaitu pukul 20.00 WIB. “Kegiatan malam itu juga dibatasi. Mobilitas orang di sana dibatasi, tidak menimbulkan kerumunan, mobilitas dibatasi hanya sampai jam tertentu, tidak seperti di zona hijau,” tuturnya.

Seperti diketahui aturan pembatasan jam malam untuk RT zona merah tertuang dalam Instruksi Gubernur (Ingub) DKI Jakarta Nomor 23 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro.

“Membatasi keluar masuk wilayah Rukun Tetangga maksimal hingga pukul 20.00 WIB,” kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam Ingub yang diteken 19 April 2021. (Zat)

Pos terkait