Sufmi Dasco Minta Temuan Data 97 Ribu PNS Fiktif Oleh BKN, Diusut Tuntas

  • Whatsapp
Dubes Arab Saudi Protes Pernyataan Sufmi Dasco, Ada Apa?
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad.[Dok]

Monitorindonesia.com – Menyoroti data 97 Pegawai Negeri Sipil (PNS) fiktif yang mendapat gaji hingga iuran pensiun pada tahu 2014, Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco meminta agar segera dilakukan pengusutan secara tuntas.

“Usut tuntas dengan melakukan pembenahan administrasi agar kasus yang sama tak terulang,” kata SUfi Dasco kepada awak media di Komplek Parlemen Senayan, Jakatrta, Selasa (25/5/2021).

Bacaan Lainnya

Sebagaimana disampaikan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana, pada Senin (24/5/2021) kemarin, bahwa pihaknya menemukan data PNS fiktif pada 2014. Data tersebut terungkap ketika BKN melakukan pemutakhiran data pada 2014 lalu. Namun tidak jelas keberadaan orang yang tercatat dalam data tersebut.

melanjutkan pernyataanya, Dasco mengaku prihatin ada ASN hampir 100 ribu lebih dari tahun 2014 itu terus mendapatkan gaji. Sehingga mungkin administrasinya perlu dibenahi dan perlu di cek secara tuntas larinya pembayaran uang negara tersebut kepada siapa.

“Kalo keliru ya sampai 10-15 orang, mungkin kita masih bisa maklum. Tapi kalo udah hampir 100 ribu, bahkan lebih ini mungkin perlu diusut secara tuntas,” tegasnya.

Terkait pihak yang harus bertanggung jawab, politikus Partai Gerindra itu meyakini ada banyak pihak yang terkait. Karena itu perlu dibentuk tim khusus untuk menanganinya.

“Ini mestinya banyak pihak yang harus klarifikasi, jadi menurut saya perlu dibentuk satu tim khusus untuk menangani ini, dengan pihak-pihak yang memang terkait dengan ASN ini,” ungkap Dasco. (Ery)

Pos terkait