Survei : Elektabilitas Golkar Dekati PDIP, Demokrat Anjlok

  • Whatsapp
Survei : Elektabilitas Golkar Dekati PDIP, Demokrat Anjlok
Direktur Eksekutif TBRC Johanes Romeo.[Ist]

Monitorindonesia.com – Timur Barat Riset Center (TBRC) melakukan Jajak Pendapat Masyarakat Indonesia tentang Dinamika Popularitas dan Elektabilitas Parpol dan Tokoh pada atmosfir politik Indonesia. Survei dilakukan pada 16-26 Maret 2021. Sementara jumlah jumlah responden sebanyak 1.816 orang yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dalam persaingan merek politik di Indonesia yang saat ini menganut multipartai, di mana merek politik bersaing untuk memperebutkan hati para konstituen. Aspek emosional dari merek politik akan menjadi kunciperbedaan bagi konstituen sebagai pemilik vote.

“Aspek emosional di sini adalah bagaimana merek menggugah perasaandan emosi konstituen, bagaimana suatu merek menjadi hidup bagi masyarakat danmembentuk hubungan yang mendalam dan tahan lama (brand relationship),” ujar  Direktur Eksekutif TBRC Johanes Romeo
dalam siaran pernya yang diterima Monitorindonesia.com di Jakarta, Senin (5/4/2021).

Menurut Romeo, tingkat awareness merupakan parameter awal untuk melihat potensi raihan elektoral partai politik. Tingkat awareness Parpol tingkat awareness millennial berbeda terhadap masing-masing partai.

Tingkat elektabilitas parpol dengan pertanyaan spontaneous  disebutkan nama partainya, jika pemilu digelar hari ini Parpol mana yang akan dipilih?  PDI Perjuangan (20,1%), Golkar (19,6 %)
dan PKB (8,7%).

“Sementara urutan ke empat adalah Gerindra (8,6%), NASDEM (5,7%), PKS (5,2%), PSI (3,9%) dan Demokrat (3,5%),” katanya.

Dari temuan survei Partai yang saat ini paling dikenal (tingkat awareness) oleh responden merupakan partai-partai lama seperti PDI Perjuangan (95,7 persen), Partai Golkar (95,7 persen), Partai Gerindra (71,4 %).Demokrat (70,6%), PKB (67,4%),PKS (62,8%),PAN (61,5%),PPP(60,3%) Nasdem (58,4%).

Sedangkan, partai yang kurang begitu dikenal oleh responden adalah Partai Berkarya dikenal (16,1 persen), PKPI (15,1 persen), dan partai Garuda (12,2 persen).[ben]

 

Pos terkait