Tak Hadiri Undangan Komnas HAM, Firli Cs Diberi Kesempatan Kedua

  • Whatsapp
Tak Hadiri Undangan Komnas HAM, Firli Cs Diberi Kesempatan Kedua
Anggota Komnas HAM, Choirul Anam.

Monitorindonesia.com – Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) serta Sekretaris Jenderal KPK memilih untuk tidak menghadiri pemanggilan yang dilakukan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM). Malah, lembaga antirasuah itu balik telah melayangkan surat yang isinya meminta poin pelanggaran HAM apa yang dilalukam pimpinan KPK terkait polemik 75 pegawai KPK yang tidak lulus dalam tes wawasan kebangsaan (TWK) yang diduga terjadi pelanggaran hak asasi manusia.

Menyikapi alasan KPK tersebut, Anggota Komnas HAM Choirul Anam menjawab pertanyaan wartawan saat jumpa pers di Kantor Komnas HAM, Jakarta, Selasa (8/6/2021) mengatakan akan memberi kesempatan kedua bagi pimpinan KPK untuk memberi penjelasan serta klarifikasi terkait dengan aduan soal TWK oleh Novel Baswedan Cs tersebut.

Bacaan Lainnya

Anam menjelaskan bahwa pemanggilan itu merupakan upaya Komnas HAM menyediakan kesempatan bagi pimpinan KPK untuk memberi penjelasan, bantahan, dan klarifikasi terhadap berbagai dokumen bukti dan informasi aduan soal TWK.

“Kami ini mau clearance (memperjelas) karena ada aduan seperti itu. Tugas Komnas HAM sebagai lembaga negara itu melakukan clearance benar atau enggak. Kalau enggak ada, Komnas HAM akan mengumumkan tidak ada pelanggaran. Kalau ada kami, akan umumkan pelanggarannya apa dan kami sebutkan,” terang Anam.

Menjawab pertganyaan wartawan, menurut Anam, pihaknya maksimal hanya akan melakukan pemanggilan sebanyak dua kali kepada pimpinan KPK.

“Dua kali cukup, itu maksimal,” kata Anam seraya berharap agar pimpinan KPK dapat memenuhi panggilan tersebut sehingga kisruh mengenai TWK dapat cepat tuntas.

#Undangan Komnas HAM

Pos terkait