Tak Hanya DPRD, ASN Juga Berperan Dalam Mendukung Jaring ASMARA

  • Whatsapp
Tak Hanya DPRD, ASN Juga Berperan Dalam Mendukung Jaring ASMARA

Jakarta, Monitorindonesia.com – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menegaskan bahwa reses atau serap aspirasi masyarakat bukan semata kewajiban anggota legislatif.

Sebagaimana dijelaskan oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kemendagri, Teguh Setyabudi, meskipun pada dasarnya reses merupakan kewajiban anggota legislatif selaku wakil rakyat, akan tetapi dalam proses administratifnya ada peran ASN disana.

Bacaan Lainnya

“Reses merupakan sarana strategis untuk menyerap aspirasi dari konstituen di masing-masing Dapil anggota DPRD, keberhasilannya sangat bergantung pada dukungan dari ASN di Sekretariat DPRD” jelas Teguh saat menutup Diklat Manajemen Reses Bagi Pejabat Strategis di Lingkungan Sekretariat DPRD, di Jakarta, Kamis (22/4/2021)

Lebih lanjut Teguh menjelaskan bahwa reses juga bisa menjadi sarana untuk melihat dampak dari regulasi yang telah dikeluarkan sebelumnya. Kemudian dari hasil dari reses tersebut dilaporkan ke fraksi dan dibawa ke sidang paripurna untuk dijadikan bahan evaluasi.

Agar ASN bisa memberikan dukung optimal bagi kerja-kerja Ketua maupun Anggota DPRD di daerah, makan peningkatan kapasitas serta skill ASN di lingkup Sekretariat DPRD mutlak diperlukan.

“Dalam rangka meningkatkan pemahaman sebagai pejabat pada Sekretariat DPRD, Kemendagri sebagai Pembina penyelenggaraan Pemerintahan Daerah akan terus berupaya melakukan pembinaan salah satunya dengan menyelenggarakan Diklat Manajemen Reses ini,” pungkasnya.[man]

Pos terkait