Tak Miliki Leadership, Komisi II DPR Minta Gubernur Anies Jangan Korbankan Pelayanan

  • Whatsapp
Tak Miliki Leadership, Komisi II DPR Minta Gubernur Anies Jangan Korbankan Pelayanan
Wakil Ketua Komisi II DPR RI Luqman Hakim.[Foto/Twitter]

Monitorindonesia.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dinilai memiliki masalah leadership (kepemimpinan). Hal itu menyusul banyaknya pejabat yang mundur dan minimnya PNS yang mau jadi pejabat.

Hal itu dikatakan Wakil Ketua Komisi II DPR RI Luqman Hakim di Jakarta, Selasa (25/5/2021). Luqman menyebut, ada masalah serius pada kepemimpinan Anies.

Bacaan Lainnya

“Kejadian-kejadian itu mengisyaratkan ada masalah serius dalam manajemen kepemimpinan Gubernur DKI Anies Baswedan,” katanya.

Menurutnya, pengunduran diri banyak pejabat di lingkungan Pemprov DKI dan sikap boikot ASN DKI terhadap lelang jabatan eselon II belakangan ini, sungguh kejadian yang memperihatinkan.

Sebaiknya Kemendagri, KASN dan BKN mulai melakukan kajian mendalam atas masalah-masalah di dalam birokrasi Pemprov DKI. Sehingga, bisa mengetahui penyebab mundurnya para pejabat itu.

“Apakah terkait langsung dengan kapasitas manajerial kepemimpinan Gubernur Anies? Atau terkait dengan sikap kepemimpinan Gubernur yang mengganggu kondusifitas lingkungan kerja Pemprov? Semua perlu dicari akar masalahnya secara terang,” ucapnya.

Luqman Hakim menekankan, pihak-pihak yang memiliki kewenangan terhadap pembinaan pemerintah daerah dan ASN perlu segera turun tangan. Dia tak ingin kejadian di DKI dibiarkan berlarut agar pelayanan pemerintah kepada rakyat tidak berlama-lama terganggu.

“Kepada Gubernur Anies, saya minta agar melakukan intropeksi. Tidak perlu malu mengakui kekurangan-kekurangan manajerial dalam memimpin Pemprov DKI,” kata politisi PKB tersebut.

Jika Gubernur Anies bersedia terbuka mengakui ketidakmampuannya dalam memimpin birokrasi, akan sangat membantu pemerintah pusat untuk memperbaiki kehidupan birokrasi di DKI. “Tolong jangan korbankan hak rakyat untuk mendapatkan pelayanan,” tandas Luqman.[ery]

 

Pos terkait