Tangani Sampah di Lingkup RW, Dinas LH DKI Bakal Uji Coba Program Ini

  • Whatsapp
Tangani Sampah di Lingkup RW, Dinas LH DKI Bakal Uji Coba Program Ini

Monitorindonesia.com – Tidak tertanganinya sampah masih menjadi permasalahan tak terkecuali di Ibukota, karena tak kurang dari 7.500 ton dihasilkan dari warga Jakarta setiap harinya.

Untuk mengantisipasi hal itu, Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta akan mencoba melakukan pemilahan dan pengangkutan sampah lebih cepat atau terjadwal. Program yang akan dimulai pada 1 Juni 2021 itu akan dilakukan pada 147 RW percontohan.

PLT Kepala Dinas LH DKI Syaripudin mengatakan bahwa telah terbentuk struktur bidang pengelolaan sampah di seluruh RW di DKI Jakarta sesuai dengan Pergub Nomor 77 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Sampah Lingkup Warga.

“Pada 1 Juni nanti akan ada uji coba pemilahan dan pengangkutan sampah terjadwal di 147 RW percontohan,” kata Syaripudin, di Jakarta,Kamis (27/5/2021).

Namun sebelum uji coba dilaksanakan, Syaripudin menerangkan, pihaknya telah melakukan pendampingan pengelolaan sampah secara online di 147 RW percontohan itu.

“Sebelum uji coba dilakukan, kami sudah melakukan pendampingan meliputi bimbingan teknis dan sosialisasi, menyusun rencana kerja secara online dan terakhir akan ada pengangkutan dan pemilahan sampah secara terjadwal pada 1 Juni mendatang,” ujarnya.

Dalam upaya pendamping itu, Syaripudin melanjutkan, juga telah dibuat SOP kepada petugas Dipo/TPS yang akan melayani 147 RW percontohan itu.

“Dengan adanya program itu diharapkan ada kolaborasi pihak lain yang mendukung percepatan pelaksanaan pengelolaan sampah di lingkup rukun warga,” tandasnya. (Zat)

Pos terkait