Tanggul Citarum Jebol, Ribuan Keluarga Dievakuasi

  • Whatsapp
Tanggul Citarum Jebol, Ribuan Keluarga Dievakuasi
Tanggul Sungai Citarum di Pebayuran, Kabupaten Bekasi, jebol sejak Sabtu (20/2/2021) malam, hingga kini arus deras masih menerjang permukiman warga [istimewa]

Bekasi, Monitorindonesia.com – Personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi masih mengevakuasi warga yang terjebak di banjir di empat desa yakni Desa Sukaurip, Karangsegar, Bantarsari dan Sumber Urip, Kecamatan Pebayuran.

Banjir merendam permukiman warga hingga ketinggian 150 cm akibat tanggul Sungai Citarum jebol, Sabtu (20/2/2021) pukul 23.30 WIB.

“Personel kami masih berupaya mengevakuasi warga yang terdampak,” ujar anggota Satgas BPBD Kabupaten Bekasi, Andhika, Minggu (21/2/2021).

Dampak tanggul Sungai Citarum jebol merusak sedikitnya lima rumah warga yang tergerus arus deras dari tanggul jebol tersebut.

BPBD Kabupaten Bekasi juga berupaya menyalurkan kebutuhan warga terdampak seperti makanan, minuman serta penanganan darurat tanggul jebol dan penyediaan perahu mesin.

Lokasi tanggul jebol yang berada di perbatasan Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Karawang, sekitar 6.000 keluarga terdampak.

Andhika mengatakan, wilayah yang paling terdampak jebolnya tanggul Citarum tersebut di Kampung Babakan Banten. Sebagian warga mengungsi ke lokasi yang lebih tinggi di sepanjang tanggul Citarum. [Odr]

Pos terkait