Kado Rolls-Rocye Sandra Dewi dari Harvey Moeis Disita Kejagung, Ini Spesifikasinya!

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 2 April 2024 09:58 WIB
Kado Rolls-Rocye Sandra Dewi dari Harvey Moeis yang Disita Kejagung [Foto: Instagram]
Kado Rolls-Rocye Sandra Dewi dari Harvey Moeis yang Disita Kejagung [Foto: Instagram]

Jakarta, MI - Artis Sandra Dewi mendapat hadiah ulang tahun yang ke-40, sebuah mobil mewah Rolls-Royce Ghost, dari sang suami Harvey Moeis, yang kini menjadi tersangka dugaan korupsi tata niaga timah wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk tahun 2015 hingga 2022.

Mobil pabrikan asal Inggris yang dimiliki Sandra Dewi adalah Rolls-Royce Ghost, edisi Extended Wheelbase bermesin 6.592 cc yang harganya diprediksi berkisar Rp18 miliar hingga Rp25 miliar di Indonesia.

Rolls-Royce Ghost Extended memiliki ruang kaki, pada bangku belakang yang lebih luas guna memberikan kenyamanan lebih saat perjalanan jauh.

Pengembangan Ghost versi biasa maupun Extended dilakukan Rolls-Royce, dengan mendengarkan keinginan konsumen yang rata-rata berprofesi sebagai wirausahawan tingkat global. Sehingga membutuhkan tempat duduk yang nyaman.

Ghost Extended menawarkan ruang 170mm lebih luas daripada Ghost biasa, Rolls-Royce memanjangkan ukuran pintu belakang dan bodi di sekitar pintu belakang, namun, tetap menjaga garis desain pada mobil.

Berkat ruang duduk yang lebih panjang, Ghost Extended dapat memakai Serenity Seat yang bisa direbahkan, sehingga mirip kabin jet bisnis.

Kabin belakang mobil itu memuat lemari es dengan dua pilihan suhu, yakni 6 derajat celsius untuk champagne non-vintage, dan suhu 11 derajat celsius untuk champagne vintage.

Ghost dilengkapi Micro-Environment Purification System (MEPS), untuk meningkatkan sistem penyaringan udara melalui perangkat lunak dan perangkat keras. Sensor deteksi kotoran yang sangat sensitif, dapat mendeteksi kualitas udara sekitar, secara otomatis mengaktifkan pemasukan udara segar ke Mode Resirkulasi.

Kenyataannya Rolls-Royce, memang hanya dimiliki orang-orang yang sangat kaya. Tidak terkecuali pengusaha Harvey Moeis, yang saat ini ditahan Kejagung atas dugaan korupsi tata niaga timah yang merugikan negara hingga ratusan triliunan rupiah.

Sebelum ditetapkan sebagai tersangka, penyidik Kejagung melakukan pemeriksaan terhadap enam orang saksi, salah satunya Harvey Moeis, suami artis Sandra Dewi.

Usai diperiksa sebagai saksi, dan ditingkatkan statusnya sebagai tersangka berdasarkan alat bukti yang telah dimiliki penyidik, Harvey Moeis ditahan selama 20 hari ke depan di Rutan Salemba cabang Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan.

Harvey Moeis sebagai tersangka ke-16 dalam perkara yang merugikan negara, akibat kerusakan lingkungan yang ditimbulkan sebesar Rp271,06 triliun.