PT Telkom Indonesia Siagakan 34 BTS

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 19 Juli 2024 5 jam yang lalu
PT Telekomunikasi Indonesia (TLKM) (Foto: Dok MI)
PT Telekomunikasi Indonesia (TLKM) (Foto: Dok MI)

Jakarta, MI - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk., telah melaksanakan uji coba (rehearsal test) kesiapan infrastruktur dan layanan telekomunikasi di Balikpapan guna menyambut perayaan HUT RI ke-79 yang rencananya digelar di Ibu Kota Negara (IKN).  

Direktur Network & IT Solution Telkom Indonesia Herlan Wijanarko mengatakan seluruh infrastruktur dan layanan TelkomGroup di IKN disiapkan dengan capacity, diversity dan cyber security yang prima.  

Telkom menyiapkan jaringan berkapasitas 200 Gbps melalui 3 jalur (Batu Ampar, Sepaku & Labangka) yang terhubung ke 2 gateway internasional (Batam & Manado) dan 23 data center serta 1 Hyperscale Data Center (HDC) Cikarang.  

Perusahaan telekomunikasi pelat merah itu juga menyiapkan 6 jalur in/out Kalimantan dengan landing points sistem kabel laut di 3 titik (Takisung, Sei Kakap dan Sangatta) kemudian backup Satelit Merah Putih di lokasi Telkom Smart Office (TSO).  

Lebih lanjut, untuk layanan seluler, Telkom menyiagakan 34 BTS Telkomsel yang dapat melayani hingga 35.000 pelanggan; serta dukungan security berupa Next Generation Firewall dan DDoS Protection. 

“Sejak 2023, Telkom telah membangun dan menggelar infrastruktur jaringan untuk mendukung IKN. Ini bukan akhir, baru awal. Perjalanan kita masih panjang. Telkom berkomitmen untuk terus mendukung penuh pembangunan ibu kota negara di IKN ini,” kata Herlan, dikutip Jum'at (19/7/2024).  

Herlan juga mengatakan bahwa perusahaan telah melakukan rehearsal test yang meliputi pengujian transport dan service, pengujian power dan pengujian jaringan Telkomsel secara live.  

Rehearsal test berjalan dengan lancar dan membuktikan keandalan infrastruktur dan layanan yang disediakan Telkom telah diuji dengan potensi-potensi gangguan yang bisa terjadi, terutama putusnya konektivitas.  

Setelah rehearsal test, Telkom akan terus berupaya menjaga kualitas jaringan dan meningkatkan pengawalan melalui Posko TelkomGroup di Nusantara Service Operation Center (NSOC) HUT ke-79 RI mulai tanggal 1 Agustus 2024 sampai dengan suksesnya penyelenggaraan upacara pada 17 Agustus 2024. 

Kehadiran Telkom di IKN diharapkan akan memperkuat konektivitas digital dan menjadikan IKN sebagai kota dengan sistem teknologi, informasi, dan komunikasi kelas dunia.  

Telkom juga memastikan ketersediaan jaringan telekomunikasi berbasis fiber optik di beberapa Point of Interest (POI) Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN yang meliputi 28 lokasi penting. 

Experience Test juga telah dilakukan di 5 lokasi penting, yaitu Hotel Nusantara, plaza ceremony, Istana Presiden IKN, Rumah Tapak Jabatan Menteri dan Telkom Smart Office (TSO).

Topik:

IKN BTS Telkom