Tentukan 1 Ramadhan, Hari Ini Pemerintah Dijadwalkan Gelar Sidang Isbat

  • Whatsapp
Tentukan 1 Ramadhan, Hari Ini Pemerintah Dijadwalkan Gelar Sidang Isbat
Meneropong hilal.

Monitorindonesia.com – Pemerintah dijadwalkan akan menggelar sidang isbat penentuan awal Ramadhan 1442 H atau 2021 Masehi. Sidang isbat akan diselenggarakan di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) RI di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin ini (12/4/2021).

Sidang isbat kali ini dijadwalkan akan dipimpin langsung oleh Menteri Agama (Menag) Yaqut Choil Qoumas. Dengan juga mengundang pimpinan MUI dan Komisi VIII DPR, jalannya sidang isbat akan dimulai pukul 16.45 WIB.

Direktur Jenderal (Dirjen) Bimas Islam (Kemenag), Kamaruddin Amin lewat keterangannya menuturkan, karena dalam kondisi pandemi, maka sidang akan dilakukan secara daring dan luring.

“Insyaallah, sidang isbat awal Ramadhan digelar 12 April 2021. Karena masih pandemi, sidang akan kembali digelar secara daring dan luring dengan menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya.

Penetapan hari sidang isbat sesuai dengan Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) tentang Penetapan Awal Ramadhan, Syawal, dan Zulhijah.

“Karenanya, sidang isbat awal Ramadhan ini digelar pada 29 Syakban yang bertepatan 12 April 2021,” tuturnya.

Di 86 Lokasi

Sementara itu, Direktur Urusan Agama Islam Kemenag, Agus Salim mengatakan pihaknya akan menurunkan beberapa pemantau hilal di 86 lokasi yang tersebar di 34 Provinsi. Pemantau hilal itu berasal dari petugas Kanwil Kemenag dari beberapa Kabupaten/Kota beserta ormas Islam lainnya.

“Akan menurunkan sejumlah pemantau hilal Ramadhan 1442 H di 86 lokasi dari 34 Provinsi di Indonesia. Mereka berasal dari petugas Kanwil Kementerian Agama dan Kemenag Kabupaten/Kota yang bekerjasama dengan pengadilan agama, ormas Islam serta instansi terkait setempat,” kata Agus Salim dalam keterangan pers tertulis seperti dikutip, Minggu (11/4/2021). (Ery)

Pos terkait