Tidak Perlu Pakai Masker bagi yang Sudah Divaksin

  • Whatsapp
Tidak Perlu Pakai Masker bagi yang Sudah Divaksin

Monitorindonesia.com – Pusat layanan pencegahan dan pengawasan penyakit AS (Centers for Disease Control and Prevention- CDC) telah mengumumkan bahwa warga AS yang sudah divaksin dengan lengkap tidak perlu memakai masker ketika berada di luar ruangan.

Bagi masyarakat yang telah menerima suntikan vaksin wajib sudah bisa tidak menggunakan penutup wajahnya jika sendirian atau dalam kelompok kecil orang –orang yang sudah divaksin, isi peraturan terbaru.

Bacaan Lainnya

Namun CDC tetap menyarankan aturan untuk tetap memakai masker di dalam ruangan dan di keramaian atau jalanan. Sejauh ini lebih dari 95 juta jiwa penduduk Amerika telah divaksin sepenuhnya.

Setelah pengumuman CDC Selasa (27/04/2021) Presiden Joe Biden merayakan aturan baru sebagai progres yang luar biasa.

“Para pakar ilmiah kita telah yakin dengan data yang menyatakan bahwa penyebaran virus itu sangat rendah. Batasannya jelas, jika anda sudah divaksin anda bisa melakukan lebih lagi.” Tutur Presiden Biden.

Presiden Biden juga menegaskan untuk warga AS yang belum disuntik vaksin agar segera melakukan vaksinasi karena itu termasuk tindakan patriotic. “Vaksin menyelamatkan hidupmu dan juga orang – orang di sekitarmu dan membantu kita kembali kepada kehidupan normal.”

Petugas kesehatan mempresentasikan aturan keselamatan yang baru perihal Covid-19 di gedung putih. “Perkumpulan kecil dan sedang di luar ruangan dan sudah divaksin sudah aman tanpa menggunakan masker” ungkap Direktur CDC, Dr Rochelle Walensky. Ini termasuk juga olaharaga atau makan di luar ruangan.

Dia juga menambahkan bahwa penentuan pemakaian masker di keramaian besar tergantung keadaan lainnya seperti baik tidaknya saluran ventilasi dan seberapa luas jarak di antara kerumunan tersebut.
Aturan tanpa masker hanya diperuntukkan bagi mereka yang sudah disuntik vaksin sepenuhnya yang berarti dua minggu setelah melakukan vaksinasi.

Bukti infeksi Covid-19 bisa terjadi di luar ruangan menunjukkan penyebarannya sangat renda. Studi terbaru juga mengindikasikan bahwa orang yang sudah sepenuhnya divaksin jauh lebih aman dari infeksi virus.

Dr Walensky mengatakan bahwa aturan penggunaan masker diberlakukan bagi yang sudah divaksin ditujukan untuk menjaga orang yang belum divaksin.

“Kita sangat menginginkan orang – orang yang belum divaksin untuk membatasi interaksi dengan orang lain untuk kembali ke prinsip dasar peningkatan ventilasi dan jarak” jelasnya.

Lembaga kesehatan telah mencatat bahwa perhitungan kasus Covid-19 semakin stabil karena jumlah yang divaksin terus bertambah, dan pada Selasa (27/04/2021) mereka mencatat lebih banyak orang yang mendaftar untuk divaksin.

Hampir 141 juta warga AS atau sekitar 41% dari total penduduk AS telah menerima suntik vaksin setidaknya satu dosis per 26 April 2021 menurut CDC. [ Yohana RJ]

Sumber: BBC

Pos terkait