Tindaklanjuti Rapim TNI AL, Kolinlamil Gelar Rasko 2021

  • Whatsapp
Tindaklanjuti Rapim TNI AL, Kolinlamil Gelar Rasko 2021
Panglima Kolinlamil Laksda TNI Irvansyah, S.H., CHRMP, M.Tr Opsla memimpin Rapat Staf dan Komando (Rasko) TNI AL Tahun 2021 yang berlangsung di Rupat Panglima, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (24/2/2021) [istimewa]

Jakarta, MonitorIndonesia.com – Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) menggelar Rapat Staf dan Komando (Rasko) TNI AL Tahun 2021 yang berlangsung di Rupat Panglima, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (24/2/2021)

Rasko yang dihadiri Kepala Staf Kolinlamil, Irkolinlamil, Staf Ahli, para Asisten, Komandan Denma, Komandan Satlinlamil 1, Kasatker/Kadis. Khusus Komandan Satlinlamil 2 dan Komandan Satlinlamil 3 mengikuti menggunakan vicon. Rasko dibuka oleh Panglima Kolinlamil Laksda TNI Irvansyah, S.H., CHRMP, M.Tr Opsla.

Rasko ini sebagai tindak lanjut dari penyelenggaraan Rapat Pimpinan TNI (Rapim TNI) dan Rapat Pimpinan TNI Angkatan Laut (Rapim TNI AL) tahun 2021 yang digelar pada Kamis tanggal 18 Februari 2021 lalu sebagai sarana untuk menyampaikan berbagai arah kebijakan Pemimpin TNI Angkatan Laut.

Panglima Kolinlamil pada kesempatan itu menyampaikan kebijakan hasil Rapim TNI/TNI AL 2021 dengan maksud agar seluruh jajaran Kolinlamil memiliki persepsi, visi, dan misi yang sama. Sehingga tidak hanya sama-sama bekerja, tapi mampu bekerja sama dalam melaksanakan tugas-tugas TNI AL mendatang.

Panglima Kolinlamil juga menyampaikan arahan dan penekanan dari Panglima TNI yaitu TNI yang kuat, solid, Profesional, dicintai rakyat, siap mendukung percepatan penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi serta menjaga persatuan kesatuan bangsa dan keutuhan NKRI.

Panglima Kolinlamil menekankan agar menindaklanjuti dan menjabarkan hasil Rapat Pimpinan TNI-POLRI, Rapim TNI dan Rapim TNI AL.

Berbagai hal yang tentunya perlu direspon dan disikapi bersama melalui pemikiran yang cerdas, kreatif, inovatif serta adaftif, melalui optimalisasi peran Kolinlamil sehingga mampu mengimplementasikan tugas pokok secara optimal.

“Kemajuan yang telah dicapai dari berbagai kegiatan yang telah dicapai pada Tahun 2020 tidak terlepas dari kerja keras dan kesungguhan serta manajemen yang baik, mulai dari pimpinan sampai dengan anggota serta seirama dengan pengawasan dan pemeriksaan secara terus menerus. Namun demikian kita juga harus menyadari masih terdapat sisi-sisi yang harus dioptimalkan serta disempurnakan kembali pada tahun 2021 ini,” jelas Panglima Kolinlamil

Jajaran Kolinlamil untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC PEN) serta Program Vaksinasi Nasional sesuai arahan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. pada saat membuka Rapat Pimpinan (Rapim) TNI AL Tahun 2021.

Selain itu, Panglima Kolinlamil memerintahkan untuk mengoptimalkan peran dan fungsi Potensi Maritim sebagai tracer Covid-19 di wilayah binaan Kolinlamil.

Pelaksanaan aplikasi di lapangan dalam mendukung program PC PEN TNI AL hendaknya bersinergi antara TNI dengan Polri dan instansi pemerintah lainnya, guna mensukseskan program pemerintah tersebut.

Kebijakan Kepala Staf Angkatan Laut tahun 2021 di antaranya empat fokus kebijakan yang merupakan turunan dari sembilan Prioritas Kasal dengan target untuk meningkatkan kesiapan dan kesiagaan TNI AL dalam melaksanakan tugas.

Empat fokus kebijakan tersebut terdiri dari pembangunan sumber daya manusia, pembinaan kesiapan operasional, pengembangan kemampuan dan peningkatan interoperabilitas.

“Fokus kebijakan Kepala Staf Angkatan Laut sudah jelas, Bapak Kasal mengharapkan agar tahun 2021 ini lebih baik dari pada tahun 2020,” tambah Irvansyah.

Menindaklanjuti hal ini, kepada seluruh Jajaran Kolinlamil diharapkan untuk lebih tanggap dan lebih cepat hadir di garis terdepan, serta lebih tangkas dalam menuntaskan tugas dalam melaksanakan program kerja dan kebijakan yang telah diputuskan oleh pimpinan.

Pos terkait