Tips Mengurangi Kebiasaan Konsumsi Gula Berlebih

  • Whatsapp
Tips Mengurangi Kebiasaan Konsumsi Gula Berlebih

Monitorindonesia.com – Konsumsi makanan dan minuman manis sudah menjadi kebiasaan sehari-hari sebagian besar masyarakat Indonesia. Tidak sedikit orang yang kesulitan untuk menghindari kebiasaan ini meskipun sudah mengetahui konsumsi gula berlebih tidak baik untuk kesehatan.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan bahwa batas asupan gula untuk orang dewasa tidak baik jika sudah melebihi dari 50 gram (setara dengan 12 sendok teh gula) per orang dalam 1 hari. Apabila sudah melebihi batas asupan tersebut, tentunya akan mempengaruhi kesehatan, seperti meningkatnya risiko terjadinya diabetes atau obesitas.

Bacaan Lainnya

Berikut adalah beberapa tips mengurangi kebiasaan konsumsi gula berlebih :

1. Perhatikan label makanan
The Food and Drugs Administration (FDA) mengatakan bahwa adanya keterangan mengenai gula tambahan pada label makanan dapat membantu meningkatkan kesadaran konsumen mengenai jumlah gula tambahan yang terkandung pada produk makanan tertentu.

Sebaiknya, jika Anda sudah mengetahui batas asupan gula per hari, Anda perlu memperhatikan kandungan gula pada produk makanan yang Anda beli, terutama kandungan gula tambahannya.

Saat Anda membaca label produk makanan tersebut, Anda harus lebih jeli karena sering kali kata gula ditulis dengan istilah lain, seperti gula tebu, sirup gula, gula pasir, dekstrosa, fruktosa, madu, sukrosa, atau kata apapun yang berakhiran dengan “-osa”.

2. Beli makanan atau minuman tanpa pemanis tambahan
Hal sederhana untuk memulai hidup bebas gula adalah dengan membeli makanan atau minuman tanpa pemanis tambahan, seperti susu kedelai dan oatmeal.

3. Kombinasikan gula dengan protein, lemak sehat, dan serat
Konsumsi gula berlebih dapat meningkatkan gula darah dalam tubuh yang akan menurun dengan cepat. Tentunya kadar gula darah ini akan segera menurun pula sehingga akan membuat Anda segera lapar.

Untuk menghindari hal tersebut, Anda perlu mengombinasikan gula dengan protein, lemak sehat, dan serat pada makanan Anda. Kombinasi tersebut dapat memperlambat pelepasan gula darah ke dalam tubuh Anda dan membuat Anda kenyang lebih lama.
Halaman Selanjutnya→

Pos terkait