Tracing Pemudik Kampung Tangguh Jaya, Polisi Tempel Stiker di Rumah yang Baru Masuk Jakarta Timur

  • Whatsapp
Tracing Pemudik Kampung Tangguh Jaya, Polisi Tempel Stiker di Rumah yang Baru Masuk Jakarta Timur

Monitorindonesia.com – Kampung Tangguh Jaya besutan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya yang terletak di Kampung Makasar, Jakarta Timur masif melakukan tracing terhadap pemudik yang kembali ke Jakarta. Metode tracing dengan cara menempelkan stiker di rumah pemudik.

Stiker ditempelkan ke rumah-rumah pemudik yang berada di Kampung Makasar. Stiker itu berbeda juga akan ditempelkan ke rumah pemudik yang melakukan isolasi mandiri karena terpapar Covid-19.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo dalam kunjunganya di Kampung Tangguh tersebut meminta masyarakat bisa mendeteksi dini jika ada masyarakat di sana yang terpapar virus corona.

“Kalaupun ada yang terpapar kita harus mampu dengan segera memisahkan atau mendatakan dan melaksanakan tracing, treatment kepada para pemudik yang terpapar Covid-19. Sehingga kemudian jangan sampai mereka keburu berinteraksi dengan tetangganya baru kemudian diketahui,” kata Kombes Sambodo kepada wartawan di Kampung Tangguh, Kampung Makasar, Jakarta Timur, Jumat (21/5/2021).

Bagi warga mudik yang belum kembali ke Jakarta, rumahnya akan ditempeli stiker warna kuning. Di dalam stiker itu ada instruksi kepada warga tersebut agar segera menghubungi nomor Satgas Covid-19 yang tertera di stiker setelah tiba di Jakarta, guna dilakukan tes kesehatan.

Sedangkan warga yang sudah diperiksa dan dinyatakan negatif, maka akan ditempeli stiker warna hijau. Kemudian warga yang positif Covid-19, maka rumahnya akan ditandai dengan stiker merah.

Lebih jauh Sambodo menyebut pihaknya sudah berusaha melakukan tracing dengan cara melakukan penyekatan dan swab antigen ke para pemudik yang kembali ke Jakarta.

“Pemeriksaan kepada pemudik yang kembali ke Jakarta dilaksanakan berlapis-lapis. Lapis pertama di titik keberangkatan. Jadi sejak awal kita PMJ Kodam Jaya sudah mengimbau pemudik yang kembali ke Jakarta harus membawa surat bebas Covid-19. Saringan keduanya adalah di pintu masuk Jakarta,” pungkas Sambodo. (tak)

Pos terkait