Urus SIKM Bisa Secara Online, Ini Kriterianya

  • Whatsapp
Urus SIKM Bisa Secara Online, Ini Kriterianya

Monitorindonesia.com – Pemprov DKI Jakarta mengikuti aturan pemerintah untuk melarang masyarakat mudik Lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah. Untuk mencegah warga mudik, setiap warga pengecualian, cukup membawa surat izin keluar masuk (SIKM) saat melakukan perjalanan antar daerah.

Menurut Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria, penerapan SIKM bakal diatur dengan Keputusan gubernur (Kepgub) tentang prosedur pemberian surat izin keluar masuk Jakarta selama masa peniadaan mudik Idulfitri. Untuk masa berlaku SIKM selama periode larangan mudik Lebaran mulai 6-17 Mei 2021. “Insyaallah hari ini akan dikeluarkan kepgubnya oleh pak gub,” kata Riza di Jakarta, Senin (3/5/2021).

Bacaan Lainnya

Riza menerangkan, untuk memperoleh SIKM, bisa diakses secara online melalui aplikasi Jakevo di https://jakevo.jakarta.go.id/. Dalam aplikasi tersebut, pemohon wajib mengisi keperluan keluar masuk Jakarta, serta melampirkan identitas.

Setalah itu, lanjutnya, data pemohon SIKM akan diverifikasi ke Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) tingkat kelurahan. Setelah disetujui, pihak kelurahan akan mengirim pemberitahuan tersebut kepada pemohon.

“SIKM kita secara umum sama seperti yang sebelumnya kita berlakukan tahun lalu. Perbedaannya, verifikasi berkas itu dilakukan di tingkat Kelurahan,” papar dia.

Riza menambahkan, penggunaan SIKM dalam upaya menekan mobilitas warga di masa mudik Lebaran. Dengan mengurangi jumlah warga yang melakukan perjalanan antar daerah, laju angka penularan Covid-19 bisa ditekan. “Dalam upaya pengendalian penyebaran covid-19, pemprov akan memberlakukan pembatasan keluar masuk wilayah dengan menggunakan SIKM,” tandasnya.

Adapun pemohon yang dimungkinkan diberikan SIKM hanya 5 kriteria , sebagai berikut;

1. Kunjungan keluarga karena sakit.

2. Kunjungan duka anggota keluarga yang meninggal.

3. Ibu hamil atau bersalin

4. Pendamping ibu hamil 1 orang.

5. Pendamping persalinan maksimal 2 orang.

“Hanya kriteria tersebut untuk mendapatkan SIKM, sekarang kita di tingkat kelurahan supaya lebih cepat, lebih mudah, dan lebih valid, karena bisa langsung ditemui di rumah masing-masing,” tandasnya. (Zat)

Pos terkait