Wagub DKI Bilang Diperlukan Peran Pejabat Guna Maksimalkan Akuntabilitas Kinerja

  • Whatsapp
Covid DKI Kembali Melesat, Okupansi ICU 65 Persen, Wisma Atlet 85 Persen
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. Foto MI/Drazat Kurniawan]

Monitorindonesia.com – Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mendukung upaya pemerintah mewujudkan pemerintahan kelas dunia guna meningkatkan akuntabilitas kinerja. Akan tetapi dalam upaya mewujudkannya, masih membutuhkan peningkatan peran Kepala Perangkat Daerah dan Para Pejabat di lingkungan Pemprov DKI Jakarta.

“Karena penguatan akuntabilitas sebuah upaya kolektif,” kata Riza, Kamis (10/9/2021).

Peran dan kinerja perangkat daerah diperlukan kata Riza, lantaran dalam kerangka reformasi birokrasi, penguatan akuntabilitas merupakan bagian dari 8 area perubahan Reformasi Birokrasi ada RPJMD Tahun 2017-2022.

“Ini menunjukkan kesungguhan Pemprov DKI Jakarta, menjadikan Reformasi Birokrasi dan Penguatan Akuntabilitas sebagai bagian terpenting dalam memperbaiki dan meningkatkan tata kelola pemerintahan daerah,” lanjut dia.

Oleh sebab itu menurut Riza, dalam masa pandemi, Pemprov DKI Jakarta terus melakukan berbagai upaya dan aktivitas untuk meningkatkan Implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

“Keterbatasan anggaran 2020 sebagai dampak pandemi COVID-19 tidak menghentikan upaya Pemprov DKI Jakarta dalam membangun penguatan akuntabilitas kinerja,” ucap Riza.

Harapanya, Riza menambahka, selain Perbaikan dalam rangka menyongsong penilaian AKIP Tahun 2021, penguatan akuntabilitas bisa menciptakan pembangunan yang nantinya berdampak kepada masyarakat.

“Diharapkan mampu mewujudkan pembangunan daerah, yang manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat Jakarta,” tutup dia. (Zat)

Pos terkait