Walikota Bekasi: Perbaikan Tanggul Jebol Selesai Tahun Ini

  • Whatsapp
Walikota Bekasi: Perbaikan Tanggul Jebol Selesai Tahun Ini

Jakarta, Monitorindonesia.com – Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat akan mempercepat perbaikan tanggul jebol di RW 10 Perumahan Pondokgede Permai (PGP), Jatiasih pasca tanggul jebol sepanjang 60 meter beberapawaktu lalu. jebolnya tanggul itu telah merendam PGP saat hujan deras melanda wilayah itu.

“Perbaikan tanggul direncanakan selesai tahun ini,” ujar Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, Sabtu (20/2/2021).

Rahmat mengatakan, Kota Bekasi dibelah Kali Bekasi yang sekarang terjadi di Pondokgede Permai. Lupaan sungai pun terjadi akibat curah hujan tinggi di Hambalang dan Sentul yang merupakan hulu
Sungai Cileungsi dan Sungai Cikeas.

“Pak Menteri sudah menyampaikan tahun ini mulai dikerjakan tanggul permanen,” ujar Rahmat.

Menurut Rahmat, pemerintah daerah sudah melakukan pemetaan terhadap titik banjir dengan menyiapkan kolam retensi serta mengembalikan fungsi sungai yang diperkecil akibat bangunan serta penggunaan bantaran sungai yang dianggap menyalahi aturan.

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono mengatakan, pemerintah pusat menyiapkan penanganan banjir yang disebabkan jebolnya tanggul Kali Bekasi. Menurut Basuki, penanganan banjir tidak bisa dilakukan secara lokal di Kali Bekasi.

“Total panjang 33 km. Kami sudah membuat rencana sistemik menjadi tujuh paket perbaikan tanggul dari pertemuan Sungai Cileungsi dan Sungai Cikeas hingga Bendung Kali Bekasi,” katanya.[man]

Pos terkait