WhatsApp Dibajak? Berikut Tanda-tandanya

  • Whatsapp
WhatsApp Dibajak? Berikut Tanda-tandanya
[Foto-abplive]

Monitorindonesia.com – Aplikasi WhatsApp (WA) masih menjadi salah satu aplikasi pesan instan terpopuler di dunia. Di dalam Aplikasi WhatsApp sendiri menawarkan teknologi end-to-end encryption, akan tetapi teknolgi ini tidak dapat menjamin aplikasi bebas dari pembajakan oleh pihak yang tidak diketahui.

Pada prinsipnya, enkripsi end-to-end ini mencegah calon penyadap rahasia, termasuk penyedia telekomunikasi, penyedia Internet, dan bahkan penyedia layanan komunikasi agar tidak dapat mengakses kunci kriptografi yang diperlukan untuk mendekripsi percakapan.

Meski demikian, enkripsi end-to-end tidak seaman yang kita pikirkan. Menurut sebuah laporan di Financial Times (2019), Malware dapat mengakses kamera dan mikrofon ponsel, membuka pesan, menangkap apa yang muncul di layar pengguna, dan mencatat penekanan tombol. Artinya, keamanan enkripsi end-to-end tidak menjadi jaminan aplikasi WA tidak bisa dibajak.

Applikasi WhatsApp bisa menjadi sasaran pembajakan atau sadapan dari orang yang memiliki maksud tertentu. Hal itu tentu mengkhawatirkan karena informasi pribadi pengguna bisa bocor.

Lantas bagaimana cara kita mengetahui Aplikasi WhatsApp sedang dibajak/disadap, berikut tanda-tandanya:

  •  Akun WhatsApp Log-out secara tiba-tiba
    Jika akun WA secara tiba-tiba Log-out/keluar sendiri itu bisa jadi salah satu ciri-cirinya. Pasalnya Aplikasi WhatsApp saat ini tidak memungkinkan penggunanya memiliki akun yang sama dalam dua ponsel secara bersamaan.
  • Online saat tidak digunakan
    Hal ini dapat kita ketahui menggunakan ponsel/akun berbeda. Saat kita tidak menggunakan akun tersebut tetapi dari akun lain terlihat online, itu merupakan ciri-ciri akun sudah di bajak/disadap.
  • Tiba-tiba mengirim pesan
    Ciri-ciri berikutnya adalah pesan yang terkirim secara tiba-tiba, apabila anda menemukan pesan yang sama sekali tidak pernah anda buat dan terkirim ke sebuah kontak.
  • Centang biru pada pesan belum terbaca
    Centang biru pada dua garis dibawah pesan merupakan tanda bahwa pesan dari kontak lain sudah pernah anda baca, namun apabila anda menemukan centang biru tersebut pada pesan yang belum anda baca, itu merupakan salah salah satu tanda akun anda sedang dibajak
  • Log-in pada perangkat tidak dikenal.
    Jika anda pernah membuka akun akun WA di web, anda dapat melihat akun anda log-in dimana saja. Jika Anda menemukan perangkat yang tidak dikenal sedang log-in, kemungkinan besar akun anda sedang dibajak.

Pos terkait