Belasan Tahun Mangkrak, Tiang Proyek Monorel di Rasuna Said Hanya Jadi Space Iklan

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 10 November 2023 16:34 WIB
Proyek Monorel mangkrak belasan tahun (Foto: MI/Aswan)
Proyek Monorel mangkrak belasan tahun (Foto: MI/Aswan)

Jakarta, MI - Proyek monorel mangkrak belasan tahun kini hanya jadi space iklan. Proyek ini dimulai sejak awal tahun 2004 lalu. Tak sedikit warga yang melintasi jalan itu bertanya-tanya mengapa bisa mangkrak.

Berdasarkan pantauan Monitorindonesia.com, Jum'at (10/11) sore, tampak tiang-tiang bekas proyek monorel yang dibangun  itu masih berdiri tegak di kawasan Kuningan Jakarta Selatan. 

Terlihat tiang itu di Jalan H.R. Rasuna Said sangat berdekatan dengan konstruksi proyek LRT Jabodebek, tepatnya di area pembangunan Stasiun Soemantri, Kuningan, Jakarta Selatan.

Hingga saat ini, belum diketahui pasti alasan tidak adanya tindak lanjut proyek tersebut. Kabarnya sudah diberhentikan atau tak dilanjutkan lagi.

Kondisinya juga tentu menganggu pemandangan ibu kota ini. "Ini sangat mengganggu pemandangan sih, kenapa tidak ada tindak lanjut gitu. Jika memang itu proyeknya diberhentikan paling tidak yang bisa dimusnahkan tiang itu. Ini malah jadi tempat pemasangan iklan," kata Muhammad salah satu warga yang setiap harinya melewati kawasan tersebut kepada Monitorindonesia.com.

Selain itu, Muhammad juga mengatakan bahwa seharusnya bisa saja lahan itu dijadikan jalur LRT Jabodebek saat itu. "Jika itu sudah dirobohkan kan bisa harusnya jadi jalur proyek LRT itu kan. Artinya jalur yang di sebelah kiri (arah ke KPK) tak sesempit saat pembangunan jalur LTR itu," jelasnya sambil menunjukan arah jalan itu.

Muhammad pun berharap agar Pemprov DKI Jakarta dapat mengkoordinasikan hal ini kepada pihak konstruksi untuk menindaklanjutinya. "Biar enak juga gitu loh dilihatnya," tutupnya. (Wan)