Biaya Super Terjangkau, Simak Jadwal Terbaru Pendaftaran Universitas Terbuka 2024

La Aswan
La Aswan
Diperbarui 20 Desember 2023 17:39 WIB
Universitas Terbuka (UT) (Foto: Istimewa)
Universitas Terbuka (UT) (Foto: Istimewa)
Jakarta, MI - Universitas Terbuka (UT) merupakan perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia yang diresmikan pada 4 September 1984. Universitas Terbuka menyediakan fasilitas pembelajaran yang bisa diakses oleh semua orang.

Universitas Terbuka juga cukup diminati calon mahasiswa, kenapa? Tak lain, karena beberapa keunggulannya. Universitas Terbuka telah membuka jalur pendaftaran Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) dan Non-RPL.  

Hal ini mengacu Permendikbud Nomor 26 Tahun 2016, RPL adalah pengakuan atas capaian pembelajaran seseorang yang diperoleh dari pendidikan formal atau non formal atau pengalaman kerja ke dalam pendidikan formal.

Adapun informasi mengenai jadwal pendaftaran Universitas Terbuka 2024 sudah bisa diketahui calon mahasiswa yang ingin kuliah di UT.
 
Seperti jadwal kuliah yang fleksibel hingga biaya yang super terjangkau. |Pendaftarannya klik di sini ya|

Jika tertarik kuliah di Universitas Terbuka tahun depan, perlu memperhatikan perubahan tanggal pendaftaran mahasiswa baru jalur umum dan jalur RPL.

|Baca Juga: Universitas Terbuka Menuju 1 Juta Mahasiswa, Hadir ke Pelosok Tanah Air

Dilansir dari laman resmi Universitas Terbuka https://www.ut.ac.id/, Rabu (20/12/2023) berikut jadwal pendaftaran Universitas Terbuka 2024 yang perlu diperhatikan.

Pendaftaran Universitas Terbuka 2024

Perubahan tanggal pendaftaran mahasiswa baru jalur umum dan jalur RPL semester 2023/2024 Genap (2023 Genap) sebagai berikut:

Jadwal lama pendaftaran mahasiswa baru:

1. Jalur Umum (Non RPL/Non Alih Kredit)A: 17 Oktober 2023 – 20 Februari 2024

2. Jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau: 17 Oktober 2023 – 31 januari 2024

Jadwal terbaru diubah menjadi:

1. Jalur Umum (Non RPL/Non Alih Kredit): 3 November 2023 – 20 Februari 2024

2. Jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau: 3 November 2023 – 31 januari 2024

|Baca Juga: Selebgram, Polisi, Guru hingga Musisi Ikuti Ujian Semester di Universitas Terbuka Ambon|

Perubahan jadwal pendaftaran Universitas Terbuka 2024 ini berdasarkan surat Nota Dinas Nomor: B/42365/UN31.DAAK/PK.00.00/2023.

Setelah tahu informasi mengenai pendaftaran Universitas Terbuka 2024, ketahui pula jurusan yang ada di Universitas Terbuka.

|Baca Juga: UT Memang Beda! Setahun Terima Mahasiswa Baru Dua Kali|

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (Program Sarjana S1)

Manajemen

Ekonomi Pembangunan

Ekonomi Syariah

Akuntansi

Akuntansi Keuangan Publik

Pariwisata

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (Program Sarjana S1)

Apa Saja Keunggulan UT?

Universitas Terbuka merupakan perguruan tinggi negeri dengan sistem pembelajaran fleksibel, lantaran menerapkan sistem belajar terbuka jarak jauh. Dengan sistem yang diterapkan, mahasiswa bisa kuliah secara online dari mana saja dan kapan saja.

Selain itu salah satu keunggulan UT adalah biaya kuliahnya yang sangat terjangkau dan fleksibel dalam memilih skema layanan pendidikan dan kegiatan belajar.

Mahasiswa yang ingin berkuliah di UT Jakarta tidak perlu khawatir dengan biaya pendaftaran awal, karena tidak ada uang pangkal atau uang gedung dalam pendaftaran.

Ketika mendaftar, calon mahasiswa cukup melakukan pembayaran admisi sebesar Rp 100.000. Setelah itu, calon mahasiswa sudah bisa melakukan registrasi sebagai mahasiswa baru sesuai dengan skema layanan yang dipilih, yaitu skema layanan sistem pakey (SIPAS) atau yan non paket (Non SIPAS).

|Baca Juga: Tentang Universitas Terbuka|

Bagi calon mahasiswa yang ingin mengambil program alih kredit/konversi nilai dari kampus sebelumna, mereka hanya perlu membayar biaya tambahan pendaftaran proses RPL sebesar Rp 300 ribu. Apabila ditotoal dengan biaya admisi maka totalnya hanya RP 400 ribu.

Namun bagi calon mahasiswa yang mendaftar tidak mengambil program RPL, mereka hanya perlu membayar biaya admisi awal sebesar 100 ribu saja.

Selain biaya admisi yang terjangkau, SPP UT uga tidak kalah terjangkaunya. Penentu besaran biaya kuliah yang dibayarkan tergantung pada program apa yang diambil oleh mahasiswa, apakah program sistem paket atau non paket.

Mahasiswa yang memilih skema layanan paket semester (SIPAS) Non Tutorial Tatap Muka, maka mahasiswa tersebut tidak perlu memilih mata kuliah yang akan ditempuh di setiap semester karena mata kuliahnya sudah ditentukan/diarahkan oleh pihak UT.

|Baca Juga: Sejarah Universitas Terbuka|

Besaran biaya kuliahnya setiap semester untuk program paket (SIPAS) yaitu sebesar Rp 1.150.000 hingga Rp 2.000.000 (dari diploma hingga sarjana) tergantung pada program studi yang diambil. Biaya tersebut sudah termasuk biaya Bahan Ajar yang akan dikirim secaralangsung ke alamat mahasiswa.

Sedangkan, apabila mahasiswa memilih skema layanan Non Paket (Non SIPAS) maka setiap semester mahasiswa harus memilih sendiri mata kuliah yang akan ditempuh di setiap semester.

Besaran biaya kuliahnya disesuaikan dengan jumlah mata kuliah yang dipilih kemudian dikalikan dengan jumlah sks per mata kuliah dengan rentang biaya per sks-nya yaitu Rp 35.000 – Rp 75.000.

|Baca Juga: Fasilitas Universitas Terbuka|

Sebagian masyarakat mungkin bertanya-tanya mengapa biaya kuliah di UT Jakarta sangat terjangkau?

Hal ini Karena dari awal UT didirikan dan diresmikan, UT mendapatkan mandat langsung dari pemerintah bahwa UT merupakan kampus negeri yang harus jadi solusi terhadap pemerataan pendidikan dan peningkatan APK Perguruan Tinggi.

Jadi biaya kuliah di UT tidak boleh tinggi dan wajib terjangkau bagi semua kalangan, sehingga semua lulusan SMA/SMK sederajat memiliki hak yang sama untuk mengenyam pendidikan tinggi.

Dengan biaya kuliah yang sangat terjangkau dan sistem layanan yang fleksibel, menjadikan UT sebagai pilihan yang tepat bagi masyarakat yang ingin menempuh pendidikan tinggi namun terkendala dengan ruang, waktu, tempat dan biaya kuliah.

Maka dari itu UT bisa menjangkau seluruh elemen masyarakat baik kalangan atas, menengah maupun bawah dengan biaya yang terjangkau tapi sistem pembelajaran online yang lebih fleksibel.

Cek Lokasi Universitas Terbuka di SINI............