Amien Rais Meninggal Dunia [HOAKS]

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 6 April 2024 14:47 WIB
Kabar Amien Rais meninggal dunia adalah HOAKS
Kabar Amien Rais meninggal dunia adalah HOAKS

Jakarta, MI - Beredar informasi di lini masa sejumlah platform media sosial, bahwa Prof Amien Rais meninggal dunia pada Sabtu (6/4/2024).  Namun informasi tersebut diketahui hoaks, berdasarkan pemeriksaan fakta dan pernyataan keluarganya.

Penelusuran Monitorindonesia.com, akun resmi Amien Rais 'Amen Rais Official' di Twitter memposting foto tokoh reformasi tersebut sedang mengisi acara tanshibul Quran di SD Budi Mulia Dua Panjen.

Foto tersebut tersebut di-posting pada 6 April pukul 09.29 WIB. Terlihat Amien Rais memakai kopiah hitam dan baju koko berwarna putih sambil duduk dan memegang mic. Di belakangnya, tertulis waktu pelaksanaan acara tersebut, yakni pada 26 Ramadan 1445 H, atau pada hari ini, Sabtu 6 April 2024.

Sementara, dalam poster hoaks yang beredar, tertulis Amien Rais wafat pada Jumat 5 April 2024. Sehingga postingan tersebut mengandung informasi tidak benar.

Kabar hoaks itu juga dibantah langsung oleh putri Prof Amien Rais, Tasniem Fauzia Rais. Tasniem menegaskan bahwa berita tersebut adalah hoaks. “Alhamdulillah sehat mas,” kata Tasniem, Sabtu 6 April 2024.

Sementara itu, Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI), Buya Amirsyah Tambunan menyampaikan bantahan serupa. Dia menyatakan Prof Amien Rais baik-baik saja dan kabar wafatnya tokoh Muhammadiyah tersebut tidak benar. “Tidak jelas yang buat hoaks,” kata dia.

Buya Amirsyah pun mengingatkan masyarakat agar tak mudah percaya dengan kabar burung yang bertebaran, tanpa klarifikasi terlebih dahulu.