Singkirkan Uruguay, Kolombia Malaju ke Final Tantang Argentina

Rizky Amin
Rizky Amin
Diperbarui 11 Juli 2024 13:49 WIB
Jefferson Lerma dari Kolombia merayakan bersama rekan satu timnya setelah mencetak gol. (Foto: Antara)
Jefferson Lerma dari Kolombia merayakan bersama rekan satu timnya setelah mencetak gol. (Foto: Antara)

Jakarta, MI - Kolombia melangkah ke final Copa America 2024 Amerika Serikat setelah gol Jefferson Lerma pada menit ke-39 membuat mereka mengalahkan Uruguay pada semifinal di Stadion Bank of America, Carolina Utara, Rabu waktu setempat atau Kamis (11/7/2024) pagi WIB.

Kedua tim saling serang pada babak pertama di mana Uruguay nyaris unggul pada menit ke-16 dari tendangan kaki kiri strikernya itu. Uruguay kembali menyerang tapi masih gagal. Justru, Kolombia memanfaatkan peluang kecil melalui sepakan pojok James Rodrigues pada menit ke-39 yang disundul oleh Jefferson Lerma untuk membobol gawang Uruguay yang dikawal Sergio Rochet.

Kolombia berusaha menggandakan kedudukan ketika empat kemudian Richard Rios mendapatkan peluang di dalam kotak penalti, namun Rochet bisa menggagalkannya. Menjelang babak pertama berakhir, Kolombia yang sedang memimpin mendapatkan petaka setelah Daniel Munoz mendapatkan kartu merah langsung setelah kepergok menyikut Manuel Ugarte pada menit ke-45+1.

Memasuki babak kedua, pelatih Kolombia Nestor Lorenzo melakukan pergantian cepat untuk menyeimbangkan permainannya dengan 10 pemain dengan memasukkan bek Santiago Arias untuk menggantikan pemain sayap Jhon Arias.

Pelatih Uruguay Marcelo Bielsa berusaha memanfaatkan keunggulan jumlah pemain dengan memasukkan Giorgian De Arrascaeta dan Cristian Olivera. La Caleste lebih tajam pada babak kedua sehiongga pada menit ke-65, Nunez kembali mendapatkan peluang gol yang dapat ditepis oleh Camilo Vargas.

Dua menit setelahnya, giliran Nicolas de la Cruzmencoba keberuntungan melalui tendangan jarak jauh dan sayangnya Vargas kembali menggagalkannya. Bielsa lalu memasukkan striker berpengalaman Luis Suarez pada menit ke-67 untuk bermain dengan dua striker haus gol di depan.

Empat menit setelah masuk lapangan, Suarez langsung mendapatkan peluang emas di dalam kotak penalti saat tendangan kaki kanan kerasnya  melenceng tipis di samping gawang Kolombia.

Melihat Uruguay mulai buntu dengan serangannya, Los Cafeteros mengincar serangan balik berbahaya, tapi dua peluang emas yang didapatkan Mateus Uribe gagal meengakhiri laga setelah tendangannya masih melebar tipis paa menit ke-87 dan membentur mistar gawang pada menit ke-90+4.

Uruguay akan menantang Argentina dalam final di Stadion Sun Life, Florida pada Senin pekan depan pukul 07.00 WIB. Uruguay akan memainkan laga perebutan tempat ketiga melawan Kanada di Stadion Bak of America, Carolina Utara, sehari sebelumnya.

Susunan pemain kedua tim:

Uruguay: Sergio Rochet, Sebastian Caceres, Jose Maria Gimenez, Mathias Olivera, Federico Valverde, Manuel Ugarte, Facundo Pellistri, Rodrigo Bentancur, Nicolas de la Cruz, Maximiliano Araujo, Darwin Nunez.
Pelatih: Marcelo Bielsa

Kolombia: Camilo Vargas, Johan Mojica, Carlos Cuesta, Davinson Sanchez, Daniel Munoz, Richard Rios, Jefferson Lerma, Jhon Arias, James Rodrigues, Luis Diaz, Jhon Cordoba
Pelatih: Nestor Lorenzo. (AM)