Gregg Berhalter Resmi Dipecat Imbas Kegagalan Tim Ajang Copa America

Rizky Amin
Rizky Amin
Diperbarui 11 Juli 2024 15:46 WIB
Pelatih Timnas Sepakbola Amerika Serikat Gregg Berhalter. (Foto: Antara)
Pelatih Timnas Sepakbola Amerika Serikat Gregg Berhalter. (Foto: Antara)

Jakarta, MI - Gregg Berhalter resmi dipecat dari posisi pelatih tim nasional sepak bola Amerika Serikat akibat performa buruk dalam Copa America 2024, umum Federasi Sepak Bola Amerika Serikat (USSF) pada Kamis (11/7/2024).

Tuan rumah Copa America 2024 gagal lolos dari babak grup setelah kalah dari Uruguay dan Panama. Ini pertama kali Amerika Serikat tersingkir pada babak grup turnamen besar sepak bola sehingga memperburuk prestasi Amerika Serikat yang akan menyelenggarakan Piala Dunia 2026 bersama dengan Kanada dan Meksiko.

Keputusan memecat Berhalter dibuat oleh Direktur Olahraga USSF Matt Crocker setelah tinjauan selama 10 hari dan konsultasi dengan Presiden Cindy Parlow Cone, CEO JT Batson, Wakil Presiden Olahraga Oguchi Onyewu, dan anggota direksi.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Gregg atas kerja keras dan dedikasinya kepada sepak bola Amerika Serikat dan Tim Nasional Pria kami,” ungkap Cone dalam pernyataan seperti dikutip ESPN.

“Kami sekarang fokus bekerja bersama Direktur Olahraga kami, Matt Crocker, untuk memastikan kami menemukan orang yang tepat untuk memimpin Timnas Sepak Bola AS ke era baru kesuksesan di lapangan.”

Berhalter sendiri sebelumnya telah menyatakan kekecewaannya atas hasil di Copa America. “Hasil di Copa America sangat mengecewakan dan saya bertanggung jawab penuh atas performa kami,” imbuhnya.

“Pendekatan kami selalu fokus pada Piala Dunia 2026 dan saya tetap yakin bahwa grup ini akan menjadi salah satu cerita besar pada 2026.”

Crocker akan memimpin pencarian pengganti Berhalter dan telah memulai proses tersebut. “Sepak Bola AS berkomitmen melakukan apa yang diperlukan untuk memastikan kesuksesan kami di lapangan dan kami bertekad membangun budaya yang mengarah kepada kemenangan,” ujar Crocker.

Berhalter dikontyrak seak Juni 2023 hingga Piala Dunia 2026. Namun, Amerika Serikat kesulitan menunjukkan perbaikan yang konsisten, termasuk hasil mengecewakan dalam Nations League Concacaf dan kalah dari Trinidad Tobago. Amerika Serikat berharap bisa segera menemukan pelatih baru yang memaksimalkan potensi tim menjelang Piala Dunia 2026. (AM)