Dortmund Datangkan Couto dari Manchester City

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 4 Agustus 2024 2 jam yang lalu
Yan Couto [Foto: Ist]
Yan Couto [Foto: Ist]

Jakarta, MI - Klub Liga Jerman, Borussia Dortmund resmi mendatangkan bek sayap kanan Yan Couto, dengan status pinjaman dari klub Liga Inggris, Manchester City.

Borussia Dortmund telah mencapai kesepakatan, untuk meminjam pemain tim nasional Brasil tersebut, hingga 30 Juni 2025 mendatang.

"Yan Couto adalah pemain yang sangat menarik. Dia bisa bermain dengan naik turun di sayap, dan dia menggabungkan energi luar biasa dengan intensitas, kemahiran teknis, dan keterampilan menggiring bola," ujar Direktur Olahraga Borussia Dortmund, Sebastian Kehl dilansir dari laman resmi klub, Sabtu (3/8/2024).

"Yan pemain serbaguna, dia menyukai duel satu lawan satu, dia bisa melakukan umpan silang yang akurat dan dia sangat berpikiran menyerang. Perkembangannya di Spanyol luar biasa, namun dia memiliki banyak potensi untuk melangkah lebih jauh, yang membuatnya persis seperti yang kami inginkan untuk posisi ini," imbuh Kehl.

Yan Couto sebelumnya dipinjamkan Manchester City ke klub Liga Spanyol, Girona. Bersama dengan Girona, Yan Couto seolah tak dapat tergantikan perannya di sektor sayap kanan. 

Penampilan impresif pemain berusia 22 tahun tersebut, yang mencatatkan satu gol dan delapan assits di Liga Spanyol, membuat Girona untuk pertama kalinya mengamankan tiket Liga Champions.

"Bagi saya ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan. Borussia Dortmund adalah klub yang istimewa. Setiap anak di Brasil tahu betapa hebatnya klub ini, mengenal para penggemar, dan terpesona oleh suporter Yellow Wall," ujarnya.

Manajer Direktur Olahraga Borussia Dortmund, Lars Ricken mengaku sempat mengamati dan memasukkan Yan Couto ke radar klub, saat membela tim Samba U-17 pada gelaran Piala Dunia U-17 tahun 2019 lalu. 

Lars Ricken mengatakan Yan Couto membuatnya kepincut, lantaran pemain asal Curitiba, Brasil tersebut mempunyai teknik dan kecepatan yang luar biasa.

"Dia masih sangat muda dengan banyak yang harus dipelajari, tetapi kami yakin bahwa dia dapat mengikuti jejak pemain Brasil yang spesial seperti Júlio César, Dedé dan Márcio Amoroso di Dortmund," ujar Lars Ricken.

Yan Couto akan mengenakan nomor punggung duam saat berseragam Borussia Dortmund. Saat ini Yan Couto telah menyelesaikan proses penandatanganan kontrak dan tes medis, lalu dijadwalkan akan segera bergabung dalam pemusatan latihan yang dipimpin oleh pelatih anyar Dortmund, Nuri Sahin.