Tumbangkan MU lewat Adu Penalti, City Juara Community Shield 2024

Rizky Amin
Rizky Amin
Diperbarui 10 Agustus 2024 2 jam yang lalu
Pep Guardiola memberikan instruksi pada pemain Manchester City. (Foto: Antara)
Pep Guardiola memberikan instruksi pada pemain Manchester City. (Foto: Antara)

Jakarta, MI - Manchester City menjuarai Community Shield 2024 setelah menaklukkan Manchester United lewat adu tendangan penalti 7-6 setelah bermain imbang 1-1 selama 90 menit di Stadion Wembley, London, Sabtu (10/8/2024) malam.

Pada pertandingan ini, Manchester United sempat unggul terlebih dahulu lewat gol Alejandro Garnacho, namun Manchester City dapat menyamakan kedudukan berkat sundulan Bernardo Silva, demikian catatan FA.

Ini merupakan gelar ketujuh Community Shield Manchester City setelah sebelumnya mampu mereka menangkan pada tahun 1937, 1968, 1972, 2012, 2018 dan 2019.

United berupaya mendominasi ketika laga dimulai dengan dominan pada penguasaan bola, namun tak ada peluang emas serta membahayakan yang dapat mereka ciptakan.

City berhasil menciptakan peluang terlebih dahulu melalui tendangan Erling Haaland setelah menerima umpan Rico Lewis, namun upaya yang dilakukan penyerang asal Norwegia tersebut masih belum menemui sasaran. Peluang emas dapat diciptakan oleh City, kali ini melalui tendangan yang dilepaskan oleh Jason McAtee, akan tetapi bola masih membentur mistar gawang United.

United berupaya keluar dari tekanan dan mampu memberikan ancaman lewat tendangan Amad Diallo setelah melakukan aksi individu berlari di antara pemain City, namun bola masih menyamping dari gawang Ederson.

Selanjutnya United memiliki peluang emas untuk mencuri keunggulan terlebih dahulu andai umpan tarik dari Diallo dapat disambut oleh Mason Mount yng berdiri di depan gawang City.

Menjelang berakhirnya babak pertama, City sempat memberikan ancaman lewat tendangan yang dilepaskan Jeremy Doku, akan tetapi bola masih menyamping tipis dari gawang United dan skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, United mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dan sempat menciptakan gol lewat tendangan Bruno Fernandes, akan tetapi tidak disahkan wasit karena gelandang asal Portugal itu lebih dulu berada dalam posisi offside.

United kembali mendapatkan peluang emas untuk mencuri keunggulan terlebih dahulu setelah umpan terukur Alejandro Garnacho dapat disambut tendangan Marcus Rashford, akan tetapi bola masih membentur tiang gawang dari City.

BACA JUGA: Jadwal Final Sepak Bola Putri Olimpiade Paris 2024

BACA JUGA: Laga Tim Besar Semifinal, Sepak Bola Putri Olimpiade Paris 2024

Skuad asuhan Erik ten Hag akhirnya sukses membobol gawang City melalui aksi individu Alejandro Garnacho yang tendangannya tak dapat dijangkau oleh Ederson sehingga skor berubah menjadi 1-0 pada menit 82.

Tujuh menit berselang, City dapat menyamakan kedudukan setelah umpan silang Oscar Bobb dapat disambut sundulan Bernardo Tavares yang membobol gawang Onana sehingga skor berubah menjadi 1-1.

Pada waktu yang tersisa, kedua tim berupaya untuk mencari gol kemenangan, akan tetapi hingga peluit panjang dibunyikan, skor 1-1 tetap bertahan sehingga pemenang harus ditentukan dengan adu tendangan penalti.

Pada adu tendangan penalti, City mampu keluar menjadi pemenang setelah tujuh penendangnya sukses melaksanakan tugas, sementara hanya enam eksekutor United yang sukses membobol gawang Ederson.