PSM Makassar Bantai Persis Solo 3-0 di Stadion Batakan

Rizky Amin
Rizky Amin
Diperbarui 10 Agustus 2024 4 jam yang lalu
Pesepak bola Persis Solo Rendy Sanjaya berebut bola dengan PSM Makassar. (Foto: Antara)
Pesepak bola Persis Solo Rendy Sanjaya berebut bola dengan PSM Makassar. (Foto: Antara)

Jakarta, MI - PSM Makassar mengawali kompetisi Liga 1 Indonesia 2024/2025 dengan kemenangan 3-0 atas Persis Solo pada pekan pertama di Stadion Batakan, Balikpapan, Sabtu (10/8/2024). Pada pertandingan ini kemenangan PSM Makassar hadir berkat gol yang dicetak oleh Nermin Haljeta (2) dan Rizky Eka Pratama, demikian catatan Liga Indonesia.

Berkat kemenangan ini PSM Makassar berada di peringkat kedua klasemen sementara Liga 1 Indonesia dengan torehan tiga poin dari satu pertandingan, sedangkan Persis Solo berada di dasar klasemen tanpa raihan poin.

Secara statistik PSM Makassar lebih unggul dalam melepaskan tendangan dengan total 14 percobaan yang tujuh di antaranya tepat sasaran, sementara Persis Solo lebih baik pada penguasaan bola dengan 55 persen.

Pada pertandingan ini PSM mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dan mampu mencuri keunggulan pada menit ke-23 lewat gol yang dicetak penyerang anyar Nermin Haljeta.

Berawal dari umpan sundulan yang dikirimkan oleh Yuran Fernandes, bola dapat diterima Haljeta yang selanjutnya melepaskan tendangan dan membobol gawang Persis sehingga skor berubah menjadi 1-0.

BACA JUGA: Liga 1: Persib Bandung Pesta Gol Lawan PSBS Biak 4-1

BACA JUGA: Liga 1 Indonesia: PSS Sleman Unggul 1-0 atas Persib

Haljeta sukses membawa PSM menambah keunggula menjadi 2-0 pada menit ke-31 setelah umpan silang Syahrul Lasinari dapat disambut sontekan Haljeta yang berdiri bebas di depan gawang Persis.

Memasuki babak kedua, Persis berupaya untuk setidaknya memperkecil ketertinggalannya dan sempat memberikan ancaman setelah umpan silang Moussa Sidibe dapat disambut sundulan Karim Rossi, namun bola dapat diamankan kiper PSM Hilmansyah.

Juku Eja berhasil menambah keunggulan pada menit ke-74 setelah aksi individu Rizky Eka berlari dari hampir tengah lapangan diakhiri oleh tendangan yang membobol gawang Persis sehingga skor berubah menjadi 3-0.

Pada sisa waktu pertandingan, Persis berupaya untuk setidaknya memperkecil ketertinggalan, akan tetapi hingga peluit panjang dibunyikan, skor 3-0 untuk kemenangan PSM tetap bertahan.

Selanjutnya pada pekan kedua Liga 1 2024/25, PSM Makassar dijadwalkan bertandang ke markas PSBS Biak, Jumat (16/8/2024), sedangkan Persis Solo menjamu PSIS Semarang, sehari berselang.

BACA JUGA: Jadwal Pertandingan Final Liga 1 2023/2024