Lewandowski Bawa Barcelona Unggul 2-1 atas Valencia

Rizky Amin
Rizky Amin
Diperbarui 18 Agustus 2024 1 hari yang lalu
Striker Barcelona Robert Lewandowski. (Foto: Antara)
Striker Barcelona Robert Lewandowski. (Foto: Antara)

Jakarta, MI - Barcelona bangkit dari ketertinggalan sebelum berbalik menang 2-1 saat bertandang ke markas Valencia dalam laga perdananya di Liga Spanyol 2024/25 di Stadion Mestalla pada Minggu (18/8/2024) dini hari WIB.

Meski tampil dominan sepanjang pertandingan, Barca malah tertinggal lebih dulu lewat gol Hugo Duro sebelum sepasang gol Robert Lewandowski memenangkan Barcelona. Dengan hasil ini, Barcelona untuk sementara memimpin klasemen dengan tiga poin pertama. Posisi ini masih sangat mungkin berubah mengingat baru separuh tim yang bermain, demikian dilansir dari laman resmi LaLiga.

Barcelona coba langsung menguasai bola selepas kick-off. Namun, Valencia justru berhasil mencetak gol pada menit ke-44. Umpan silang Diego Lopez disambar Duro dengan sundulan dari jarak dekat untuk membuat skor menjadi 1-0.

BACA JUGA: Barcelona Pinjamkan Oriol Romeu ke Girona

Barcelona berhasil menyamakan kedudukan sebelum babak pertama berakhir. Umpan Balde dari kiri diterima Yamal di kanan dan diteruskan dengan umpan silang, yang disambar Robert Lewandowski di depan gawang. Babak pertama berakhir imbang 1-1.

Tim tamu mendapatkan hadiah penalti saat babak kedua baru berjalan semenit setelah Christhian Mosquera melanggar pemain sayap Barcelona, Raphinha. Lewandowski maju sebagai eksekutor dan berhasil mencetak gol ke pojok kanan atas gawang.

Valencia mencoba untuk menyamakan skor melalui sejumlah peluang, tetapi belum membuahkan hasil termasuk pada menit ke-53. Sundulan Duro melambung, lalu tembakan Pepelu meleset tipis ke kiri.
 BACA JUGA: Bantai Real Sociedad, Barcelona Naik Peringkat 2 Liga Spanyol
Barcelona juga ingin mengakhiri perlawanan Valencia dengan mencetak gol ketiga. Namun, upaya Ferran Torres pada menit ke-57 masih mengarah ke kiper Giorgi Mamardashvili.

Marc Casado nyaris menambah keunggulan Barca pada menit ke-91. Sepakannya menyambut umpan silang Gerard Martin masih sedikit melebar saja ke kanan gawang. Kali ini giliran Lewandowski membuang kesempatan di sisa waktu. Sepakannya dari dalam kotak penalti melambung dari gawang Valencia. Tidak ada lagi gol tercipta di sisa waktu pertandingan. Pasukan Hansi Flick meraih tiga poin dari kandang Valencia.

Susunan pemain:

Valencia (4-4-2): Mamardashvili, Correia, Mosquera, Gasiorowski, Vazquez (Tejon 77'), Mir (Otorbi 77'), Pepelu, Guerra (Guillamon 86'), Lopez (Foulquier 66'), Almeida (Gomez 66'), Duro
 
Barcelona (4-2-3-1): Ter Stegen, Kounde, Cubarsi (Christensen 64'), Martinez, Balde (Gerard Martin 64'), Bernal, Casado, Yamal (Pau Victor 86'), Raphinha, Torres (Pedri 64'), Lewandowski