Jokowi Groundbreaking Bandara VVIP IKN 1 November 2023

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 23 Oktober 2023 14:24 WIB
Presiden Joko Widodo [Foto: YouTube/@Jokowi]
Presiden Joko Widodo [Foto: YouTube/@Jokowi]

Jakarta, MI - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama pembangunan bandara very very important person (VVIP) Ibu Kota Nusantara (IKN), pada 1 November 2023 mendatang. 

“[Groundbreaking] untuk Bandara sudah siap. Tanggal 1 mungkin, 1 November. Jadi 1 November, [Jokowi] sambil groundbreaking VVIP Bandara,” kata Basuki kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (23/10). 

Lebih lanjut, dengan melakukan peletakan batu pertama, Basuki berharap pembangunan bandara VVIP, bisa mempercepat masuknya investor di IKN. Menurutnya, kehadiran bandara VVIP, akan lebih memudahkan pemasok modal untuk melihat langsung keadaan IKN dengan lebih efektif dan efisien. 

"Ya, lebih cepat investor masuk karena lebih dekat [sampai di IKN]," ujarnya.

"Jadi orang bisa masuk situ langsung deh langsung tiba di IKN kan," tandasnya.

Dikutip dari laman dephub.go.id, Bandara VVIP IKN akan digunakan untuk melayani kepentingan kegiatan pemerintahan di IKN.  

Bandara tersebut dibangun dengan luas terminal VVIP 2.000 meter persegi dan terminal VIP 5.000 meter persegi serta runway sepanjang 3.000 x 485 meter, yang berjarak sekitar 25 kilometer (km) dari Bandara Sepinggan, Balikpapan dan sekitar 107 km dari Bandara Samarinda. 

Adapun pendanaan pembangunan dan pengoperasian Bandara VVIP bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), atau sumber lain yang sah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. 

Bandara VVIP IKN mampu didarati pesawat berbadan besar jenis Boeing 777-300 ER dan Airbus A380. Adapun kapasitas apron mampu menampung tiga pesawat berbadan besar (Wide Body), ditambah satu pesawat berbadan kecil (Narrow Body); atau tujuh pesawat berbadan kecil (Narrow Body), serta kapasitas helipad menampung tiga helikopter.