BLT El Nino Cair Bulan Depan

Rendy Bimantara
Rendy Bimantara
Diperbarui 27 Oktober 2023 01:11 WIB
Ilustrasi BLT El Nino (Foto : Net)
Ilustrasi BLT El Nino (Foto : Net)

Jakarta, MI - Untuk membantu orang menghadapi dampak El Nino, pemerintah akan memberikan bantuan langsung tunai (BLT), yang mencakup paket kebijakan ekonomi yang dirancang untuk menjaga daya beli masyarakat.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengumumkan bahwa 18,8 juta keluarga penerima manfaat (KPM) yang menerima sembako akan menerima BLT El Nino dengan bantuan sebesar Rp 200 ribu per orang.

Karena 18,8 juta penerima tersebut telah terdaftar di Kementerian Sosial, kami tidak lagi mencari target. Dalam konferensi pers APBN KiTA pada Rabu (25/10), Sri Mulyani menyatakan bahwa mereka akan mendapatkan Rp 200 ribu per bulan.

BLT El Nino akan berlaku selama dua bulan, yaitu dari November hingga Desember 2023. Sri Mulyani menjamin bahwa APBN akan terus melindungi masyarakat dan perekonomian dari kekacauan dan ketidakpastian global.

Seperti yang kita semua tahu, kenaikan harga komoditas menyebabkan tekanan inflasi tinggi, diikuti dengan kenaikan suku bunga yang sangat drastis, dan output dari perekonomian global terutama negara-negara maju yang melemah menimbulkan dampak yang sangat terasa pada perekonomian dan masyarakat kita.

Untuk melaksanakan BLT El Niño, Sri Mulyani memberikan 7,52 triliun rupiah kepada Kementerian Sosial. Anggaran ini akan dibagikan kepada 18,8 juta KPM yang menerima sembako.(Ran)