Tiktok Shop Ingin Hadir Lagi di Indonesia

Rendy Bimantara
Rendy Bimantara
Diperbarui 27 Oktober 2023 06:39 WIB
Tiktok Shop (Foto : Web Tiktok Shop)
Tiktok Shop (Foto : Web Tiktok Shop)

Jakarta, MI - Seperti yang dilaporkan oleh Kementerian Investasi atau Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), sudah ada tanda-tanda bahwa TikTok akan mendorong peluang bisnis di pasar e-commerce Indonesia.

Deputi Bidang Promosi Penanaman Modal, Nurul Ichwan, dari Kementerian Investasi/BKPM, mengatakan kepada Wartawan di Cikarang, Jawa Barat, Kamis (26/103). Bahwa TikTok masih berhati-hati dalam mengambil tindakan, menurut Ichwan, karena mereka tidak ingin menunjukkan bahwa mereka melanggar hukum di Indonesia.

"Jadi mereka mau proper dan hati-hati sekali untuk melakukan itu," kata Ichwan.

Ichwan juga mengatakan bahwa hingga saat ini, dia belum menerima izin dari TikTok untuk mendirikan toko online di Indonesia.

Dia menyatakan bahwa TikTok masih berbicara tentang bisnis di pasar e-commerce berdasarkan percakapan dengan BKPM.

Dia mengakhiri dengan mengatakan, "Mereka masih sedang membahas, ketika mereka nanti akan mencoba melihat untuk yang market place mereka pasti akan membangun lagi."

Seperti yang diketahui, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengungkapkan bahwa CEO TikTok Shou Zi Chew telah mengirimkan surat kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengadakan pertemuan, meningkatkan sinyal bahwa platform tersebut telah masuk ke industri e-commerce.

Saat ditemui di Jakarta, Selasa (24/10), Teten mengatakan, "Saya sudah dengar dan memang CEO Tiktok sudah mengajukan pertemuan dengan Presiden."(Ran)