Tokoh Ekonomi Jepang Puji MRT Jakarta Lebih Baik dari Tokyo

Rendy Bimantara
Rendy Bimantara
Diperbarui 1 November 2023 12:53 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani saat bertemu dengan JICA. ( Foto : Instagram @smindrawati)
Menteri Keuangan Sri Mulyani saat bertemu dengan JICA. ( Foto : Instagram @smindrawati)

Jakarta, MI - Presiden Japan International Cooperation Agency (JICA) Tanaka Akihiko memuji pengelolaan MRT Jakarta. Tanaka bilang, kereta bawah tanah pertama Indonesia itu maju lebih pesat ketimbang punya Tokyo. Hal itu disampaikan kepada  Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Sri Mulyani menceritakan dalam pertemuan itu Tanaka menyampaikan rasa tertariknya terhadap pembangunan di Indonesia. Tanaka, kata dia, memuji pengelolaan MRT Jakarta. Tanaka bilang kereta bawah tanah pertama Indonesia itu maju lebih pesat ketimbang punya Tokyo.

"Beliau memuji pengelolaan @mrtjkt yang sudah kelas dunia dari sisi ketepatan waktu serta perawatan asetnya, bahkan menurutnya, kita mencapai titik ini jauh lebih cepat dari Tokyo Metro..!" ucap Sri Mulyani dalam unggahan di akun Instagram-nya @SMIndrawati, Rabu (1/11).

Dalam pertemuan itu, Sri Mulyani juga menyaksikan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Indonesian Aid dan JICA tentang berbagai aspek kerja sama kedua lembaga tersebut.

Indonesian Agency for International Development (Indonesian Aid) berada di bawah Kementerian Keuangan dan merupakan lembaga yang mengelola dan menyalurkan dana negara untuk bantuan internasional.

Setelah pertemuan berakhir, Sri Mulyani memberikan hadiah kepada Tanaka-san. Dia memberi cinderamata berupa miniatur wayang di dalam pigura. Saat berbicara tentang kenang-kenangan itu, Sri Mulyani mengatakan bahwa tokoh pewayangan berasal dari cerita Mahabharata. Dia mengatakan bahwa cerita pewayangan sangat dekat dengan orang-orang seusianya di Indonesia. (Ran)