Seragamkan Baterai, Pemerintah Kumpulkan Produsen Motor Listrik

Rendy Bimantara
Rendy Bimantara
Diperbarui 3 November 2023 11:49 WIB
Baterai Motor Listrik Gesits ( Foto : Antara )
Baterai Motor Listrik Gesits ( Foto : Antara )

Jakarta, MI - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita telah menyatakan bahwa dirinya akan mengadakan pertemuan dengan produsen motor listrik. Pertemuan itu bertujuan membahas penyeragaman penggunaan jenis baterai swap. Hal itu terjadi karena masih ada perbedaan pendapat mengenai jenis baterai yang digunakan oleh berbagai produsen.

"Kalau motor kan swap, kalau swap standarnya berbeda-beda kan tidak mudah, jadi nanti yang kita inginkan itu standarisasi baterai motor listrik itu prosesnya itu bottom up," ujar Menperin kepada Wartawan, Kamis (02/11).

Menurutnya penyeragaman baterai kendaraan listrik ini menjadi isu yang cukup menjadi perhatian dari pemerintah untuk memperkuat ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Targetnya adalah agar semua produsen motor listrik di Indonesia, dari ujung barat hingga timur, memiliki baterai tukar yang sama, sehingga pengguna dapat lebih mudah menukar baterai di mana pun mereka berada.

"Jadi asosiasi perusahaan-perusahaan itu harus duduk, kepentingan kita adalah nanti pada suatu hari dan tidak dalam waktu yang panjang itu ada standar, jadi orang beli motor listrik di Aceh atau beli di Jogja dia bisa menggunakan motor listrik ke suatu tempat swap tidak perlu khawatir melakukan swap dimanapun karena baterainya sama," tutup Menperin.(Ran)