Sediakan Internet Cepat, Telkom Peduli Indonesia Timur

Rendy Bimantara
Rendy Bimantara
Diperbarui 3 November 2023 13:48 WIB
layanan Satellite News Gathering Telkom (Foto : Telkomsat)
layanan Satellite News Gathering Telkom (Foto : Telkomsat)

Jakarta, MI - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, melalui anak usahanya Telkomsat, menyediakan layanan internet berkecepatan tinggi kepada para UMKM, badan usaha, layanan kesehatan, dan pemerintahan di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) Indonesia Timur. Layanan ini mencakup kecepatan download hingga 180 Mbps dan kecepatan upload hingga 20 Mbps.

Direktur Utama Telkomsat, Lukman Hakim Abd. Rauf mengatakan hal ini merupakan upaya perusahaan dalam pemerataan konektivitas digital. Telkom akan  menghadirkan sinyal internet cepat di daerah yang tidak terjangkau koneksi digital melalui jaringan kabel, serat optik, maupun nirkabel, khususnya di kawasan bagian timur Indonesia.

"Saat ini terdapat sekitar 100 Internet Service Provider (ISP) lokal yang telah berlangganan MangoStar dan 50 persen di antaranya berada di kawasan timur Indonesia," ujar Lukman dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (3/11).

Lukman menyampaikan MangoStar merupakan salah satu produk unggulan Telkomsat yang memberikan pengalaman baru kepada para pelanggannya dengan performa konektivitas paling canggih di kelasnya (enterprise-class connectivity).

MangoStar menawarkan berbagai solusi yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan, khususnya para pelaku UMKM dan penyedia jasa layanan internet (Internet Service Provider/ISP).

“Telkomsat menargetkan setidaknya ada 1.000 lokasi yang dikelola UMKM dan ISP-ISP lokal di kawasan timur Indonesia. Dari satu titik tersebut, para UMKM dan ISP lokal dapat melayani puluhan hingga ratusan pelanggan,” tutup Lukman. (Ran)