Pemerintah Siapkan 1,3 Juta Formasi CPNS Tahun Depan

Rendy Bimantara
Rendy Bimantara
Diperbarui 8 November 2023 12:14 WIB
Ilustrasi Proses CAT CPNS (Foto : Shutterstock)
Ilustrasi Proses CAT CPNS (Foto : Shutterstock)

Jakarta, MI - Menurut Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), tahun depan akan ada 1,3 juta formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Menurut Aba Subagja, Plh Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB, formasi  ini ditujukan untuk lembaga pemerintah, termasuk kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah. Ia menyatakan bahwa tiga perhitungan menentukan jumlah formasi.

"Tahun 2024 kita sudah hitung, formasi yang akan kita siapkan itu sekitar 1,3 juta. Perhitungan itu didasarkan pada, pertama, sisa formasi 2023," kata Aba dalam keterangan resmi, Senin (6/11).

Perhitungan kedua yakni jumlah ASN yang pensiun pada 2024. Lalu perhitungan ketiga adalah jumlah kebutuhan riil di lapangan.

Aba mengatakan Kementerian PANRB memberi ruang formasi kebutuhan yang besar dari tahun ke tahun. Namun, pemenuhan formasi itu tidak optimal.

Misalnya, ada kebutuhan CPNS dan PPPK nasional sebanyak 1.030.751 pada tahun 2023, tetapi banyak instansi yang tidak mengusulkan formasi, termasuk beberapa pemda yang tidak memaksimalkan usulan formasi mereka.

"Kami menerima banyak keluhan dari fresh graduate yang tidak bisa melamar. Usulan dari kementerian, lembaga, dan pemda belum optimal," ujar Aba.

Pada 15 September lalu, pendaftaran CPNS dibuka. Sebagaimana diumumkan dalam unggahan di Instagram @bkngoidofficial pada hari Kamis, 24 Agustus. Pelaksanaan seleksi CASN 2023 akan dimulai dengan pengumuman dari kementerian atau lembaga terkait.

Setelah pengumuman, baru dilaksanakan pendaftaran oleh peserta di instansi pemerintah yang diminati.BKN menekankan seluruh tahapan seleksi dilakukan melalui portal resmi yakni SSCASN.(Ran)