Eropa Beralih ke Gas, Harga Batu Bara Ambruk

Rendy Bimantara
Rendy Bimantara
Diperbarui 15 November 2023 09:20 WIB
Ilustrasi Batu Bara (Foto: Shutterstock)
Ilustrasi Batu Bara (Foto: Shutterstock)

Jakarta, MI - Fokus Eropa kini bergeser pada sumber energi gas, yang saat ini konsumsinya berada pada level tertinggi sepanjang masa, Hal ini menyebabkan harga batu bara kembali turun. Peningkatan harga gas juga mengindikasikan adanya peningkatan permintaan, sehingga batu bara sebagai substitusinya mengalami penurunan harga.

Berdasarkan data Refinitiv, harga batu bara ICE Newcastle kontrak Desember ditutup di posisi US$ 126 per ton atau terkoreksi 0,39% pada perdagangan Selasa (12/11). Pelemahan ini memperpanjang tren negatif pasir hitam yang juga ambruk 2,3% pada Senin lalu.

Harga batu bara tidak berhasil menembus naik level psikologis US$130 per ton, yang menjadikan pelemahan ini berita buruk awal pekan ini. Sentimen ini menunjukkan bahwa harga batu bara mungkin terus turun karena pelaku industri menahan pembelian meskipun ada pasokan yang cukup.

Daniel Hynes, ahli strategi komoditas senior di bank ANZ, mengatakan bahwa penurunan harga batu bara disebabkan oleh kekhawatiran mengenai ekspor gas alam cair (LNG) dari Freeport.

Angka terbaru menunjukkan pemulihan aliran Freeport, namun pembatasan apa pun bisa menjadi "pemicu bullish yang besar", kata Weber dari LSEG. Namun, penyimpanan yang hampir terisi penuh di seluruh Eropa membatasi kenaikan secara signifikan, kata analis Energi dari Denmark itu.

Lokasi penyimpanan gas di Eropa tetap berada pada level tertinggi dalam sejarah, yaitu 99,49% penuh, menurut data terbaru Infrastruktur Gas Eropa.

Di sisi lain, tingginya pasokan Eropa juga telah mengamankan kebutuhan energi Eropa untuk mencegah kenaikan harga energi sebagai langkah antisipasi menghadapi musim dingin.

Biasanya, akhir tahun pada musim dingin memerlukan batu bara lebih untuk pembangkit listrik dan penghangat ruangan. Namun, Eropa tampaknya telah mempersiapkan pasokannya sejak beberapa bulan sebelumnya. (Ran)