Rumah.com Tutup Layanan per 1 Desember 2023

Rendy Bimantara
Rendy Bimantara
Diperbarui 17 November 2023 21:53 WIB
Aplikasi Rumah.Com (Foto: Situs Rumah.com)
Aplikasi Rumah.Com (Foto: Situs Rumah.com)

Jakarta, MI - Rumah.com, platform penyedia penjualan properti, akan secara resmi menutup operasinya pada 1 Desember 2023. Untuk menjaga bisnis secara keseluruhan. Keputusan ini dibuat oleh perusahaan induk, PropertyGuru Group.

Menurut Hari V. Krishnan, CEO dan Managing Director PropertyGuru Group, pilihan ini tidak mudah. Namun, mereka setuju untuk berkonsentrasi pada bisnis yang memiliki potensi pertumbuhan yang lebih besar.

"Bisnis marketplace kami di Indonesia yang beroperasi sebagai Rumah.com, akan berhenti beroperasi pada tanggal 30 November 2023," kata Hari dalam keterangan resminya, dikutip Jumat (17/11).

Hari pun menyadari dampak terhadap 61 karyawan Rumah.com atas penutupan platform tersebut. Dia memastikan, PropertyGuru akan memberikan dukungan layanan kesehatan dan membantu mereka dalam transisi menuju peluang baru.

Hingga 30 November 2023, kami akan terus melayani agen Rumah.com dan mitra pengembang untuk meminimalkan gangguan terhadap operasional bisnis mereka.

 Setelah itu, pihaknya akan mengembalikan biaya yang dibayarkan oleh mereka sesuai kontrak masing-masing. "Untuk mitra vendor kami, kami akan membayar iuran sesuai komitmen kontrak individu," ujarnya.

PropertyGuru memastikan akan memberikan paket pesangon yang lebih tinggi dari pesangon menurut undang-undang, memperpanjang asuransi kesehatan, hingga dukungan untuk karyawan yang terkena PHK untuk mendapatkan pekerjaan baru.

"Keputusan ini penting bagi kami untuk fokus dan mewujudkan fase pertumbuhan berikutnya dan memungkinkan kami memprioritaskan sumber daya kami sesuai dengan hal tersebut," pungkasnya.

RopertyGuru adalah startup properti terkemuka di Asia Tenggara dengan 15 tahun pengalaman. Lini bisnis mereka  tersebar di Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Vietnam.(Ran)