CEO Binance Akui Bersalah, Pasar Kripto Kompak Melemah

Rendy Bimantara
Rendy Bimantara
Diperbarui 22 November 2023 13:29 WIB
CEO Binance Changpeng Zhao (Foto: CryptoPump)
CEO Binance Changpeng Zhao (Foto: CryptoPump)

Jakarta, MI - Setelah CEO Binance Changpeng Zhao (CZ) mengakui bersalah dan bersiap menyelesaikan denda tuntutan pidana, pasar kripto kompak melemah secara bertahap dalam dua puluh empat jam terakhir.

Pelemahan mata uang kripto terjadi secara berjamaah dan dipimpin oleh BNB yang ambles secara signifikan.

Dilansir dari newsbtc (22/11), penurunan BNB menyusul laporan bahwa Binance sedang bersiap untuk menyelesaikan tuntutan pidana dengan Departemen Kehakiman AS (DOJ) melalui denda US$4,3 miliar.

The Wall Street Journal telah mengungkapkan bahwa CEO Binance Changpeng Zhao (CZ), umumnya dikenal sebagai CZ, akan mengaku bersalah karena melanggar persyaratan pidana anti pencucian uang.

Akibat hal itu, pasar kripto kompak anjlok. Bitcoin turun 3,62% ke US$36.107,13 meskipun secara mingguan masih menguat 1,51%. Ethereum berada di zona negatif 3,32% dalam 24 jam terakhir dan dalam tujuh hari terakhir turun 0,95%.

BNB ambruk 13,2% secara harian dan secara mingguan masih terdepresiasi 6,6%.

Begitu pula dengan Dogecoin yang melemah 5,86% dalam 24 jam terakhir sementara secara mingguan masih naik 1,23%.

Selain itu, Binance akan didakwa atas tuntutan pidana terkait pelanggaran anti pencucian uang, yang akan mengakibatkan denda yang besar. Selain itu, diperkirakan CZ akan mengundurkan diri sebagai CEO, dan Richard Teng dianggap sebagai penggantinya.

Pengadilan federal Seattle akan memanggil Changpeng Zhao untuk mengajukan pengakuan bersalahnya. Investor sedang mempertimbangkan konsekuensi dari pengakuan bersalah CZ atas pelanggaran undang-undang anti pencucian uang, yang dapat berdampak pada harga BNB.

Binance telah menjadi sasaran berbagai perselisihan peraturan pada tahun 2023. Pertarungan terbaru ini telah memicu reaksi bearish spontan di antara investor kripto yang memperdagangkan BNB, koin asli ekosistem Binance.

Dalam waktu satu jam setelah laporan tersebut, US$3 juta pada posisi BNB Long telah dilikuidasi, menurut pelacak data pasar derivatif kripto Coinglass.(Ran)