Harga Bitcoin Capai Angka Tertinggi Tahun Ini

Rendy Bimantara
Rendy Bimantara
Diperbarui 26 November 2023 10:59 WIB
Ilustrasi Mata Uang Kripto Bitcoin (Foto: Reuters)
Ilustrasi Mata Uang Kripto Bitcoin (Foto: Reuters)

Jakarta, MI - Pada hari Jumat, 24 November 2023, harga bitcoin mencapai titik tertinggi yang belum pernah terlihat sejak tahun 2023. Nilai aset kripto tercatat adalah US$ 37.862,76, atau setara dengan Rp 588 juta.

Menurut Coin Metrics, harga ini telah naik sebesar 3,9 persen untuk mengakhiri minggu ini, menciptakan rekor baru sejak Mei 2022.

Sementara itu, ethereum telah bergerak kembali di atas level psikologis utama US$ 2,000, terakhir diperdagangkan 1,8% lebih tinggi pada US$ 2,104.14 (Rp 32,6 juta). Token kripto terbesar kedua berdasarkan kapitalisasi pasar ini melaju dengan kecepatan mencapai lebih dari 8%.

Solana, yang berkinerja paling baik tahun ini, naik lebih dari 476% dibandingkan dengan bitcoin yang mencapai 130%, mengikuti jejak token utama minggu ini. Harga berada tepat di bawah garis datar untuk minggu ini.

Investor sedang menunggu nasib  Changpeng "CZ" Zhao yang merupakan CEO bursa terbesar di dunia, Binance, setelah ia setuju awal pekan ini untuk mengaku bersalah atas tuntutan pidana federal yang diajukan oleh Departemen Kehakiman Amerika Serikat (AS). Berita itu muncul kurang dari sebulan setelah pendiri FTX Sam Bankman-Fried dinyatakan bersalah dalam persidangan penipuan dan konspirasi federal.

Meskipun Binance berfungsi sebagai tempat  likuiditas paling signifikan untuk perdagangan kripto, banyak yang melihat mekanisme penyelesaian bursa sebagai perkembangan yang diperlukan. Mekanisme itu  memungkinkan industri kripto yang masih dalam tahap pemulihanuntuk bergerak maju.

Dengan terselesaikannya investigasi Binance, beberapa orang mengatakan hal itu mungkin membuka jalan bagi persetujuan ETF bitcoin, yang diharapkan oleh banyak investor sebagai katalis utama yang mengirim bitcoin ke level tertinggi baru.

Coinbase, saingan utama Binance, juga mencapai level tertinggi US$ 116,94 (Rp 1,8 juta) untuk pertama kalinya juga sejak Mei 2022. Coinbase terakhir diperdagangkan lebih tinggi sebesar 5,4% pada $115,14.(Ran)